alexametrics

Ibu, Begini Cara Mencegah Virus dan Bakteri Menempel Pada Pakaian

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Ibu, Begini Cara Mencegah Virus dan Bakteri Menempel Pada Pakaian
Ilustrasi mencuci baju. (Shutterstock)

Dokter Fitria menyarankan agar kita dapat segera mengganti serta mencuci pakaian dengan bersih dan tepat, seperti menggunakan detergen yang baik.

Suara.com - Meski program vaksinasi Covid-19 sudah dimulai di Indonesia, namun angka infkesi yang disebabkan oleh virus corona jenis baru ini masih tinggi. Hal tersebut diterangkan oleh dokter Fitria Agustina, SpKK, FINSDV pada peluncuran produk SoKlin Antisep.

Untuk itu, kata dia, kewaspadaan masyarakat terhadap risiko penularan harus tetap diperhatikan. Salah satunya adalah melalui kesadaran pola hidup bersih dan sehat menghindari tubuh terpapar virus, kuman, dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

"Selain melalui droplet yang dikeluarkan saat berbicara, batuk, bersin dan aerosol, penularan secara sekunder terjadi melalui permukaan benda termasuk pakaian atau masker yang terkontaminasi (fomites) juga cukup besar," jelas dia pada Selasa (6/4/2021).

Terkait hal tersebut, dokter Fitria menyarankan agar kita dapat segera mengganti serta mencuci pakaian dengan bersih dan tepat, seperti menggunakan detergen yang baik.

Baca Juga: Diduga Sebabkan Stroke, Uji Coba Vaksin AstraZeneca Pada Anak Dihentikan

Agar diri dan keluarga tetap terlindungi, lanjutnya, biasakan selalu menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan dengan gizi seimbang, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup. 

"Menjaga kebersihan tubuh dengan biasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, segera mandi setelah beraktivitas dari luar rumah, dan segera mengganti serta mencuci pakaian juga hal yang penting,” tutur dokter Fitria.

Pada kesempatan yang sama, artis Melaney Ricardo yang pernah terinfeksi Covid-19, juga berbagi pengalaman dan pandangannya pasca dinyatakan sembuh. Ibu dua anak ini mengaku sempat merasakan rasa khawatir dan takut jika ia menularkan virus kepada anggota keluarga lainnya. 

"Selain hidup sehat dan bersih, selama pandemi, aku selalu mencuci pakaian dengan air hangat yang ditambahkan cairan disinfektan. Jujur aja ngga tahu takaran disinfektannya berapa supaya ngga bikin baju rusak," ungkapnya.

Untuk kebutuhan tersebut, Wings Care, meluncurkan SoKlin Antisep, detergen yang mengandung disinfektan guna memberikan proteksi lebih kepada keluarga Indonesia dalam satu produk.

Baca Juga: Dalam 24 Jam, 4.000 Orang Meninggal di Brasil karena Covid-19

"SoKlin Antisep hadir dengan teknologi O2 Active Power yang berfungsi sebagai disinfektan, yang efektif membunuh virus, bakteri, dan kuman pada pakaian tanpa merusak warna dan serat kain," tutup Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Fabric Care Wings Group.

Komentar