alexametrics

Upgrade Iman selama Ramadhan dengan Mendengarkan Podcast Islami

Vania Rossa
Upgrade Iman selama Ramadhan dengan Mendengarkan Podcast Islami
Mendengarkan podcast islami. (Elements Envato)

Yuk, maksimalkan keutamaan Ramadhan untuk menjadi muslim yang lebih baik melalui konten-konten podcast Islami.

Suara.com - Bulan Ramadhan saatnya meningkatkan iman untuk menjadi muslim yang lebih baik. Untuk itu, aplikasi umma pun mengajak masyarakat muslim untuk menjadi umat yang lebih baik dengan memaksimalkan ibadah di rumah melalui teknologi digital. Salah satunya melalui fitur podcast islami bernama uVoice.

Di tengah banyaknya konten agama di media digital, masyarakat masih membutuhkan lebih banyak figur berilmu agama untuk dikembangkan dan diangkat ke hadapan publik. Penelitian Alvara pada tahun 2019 menunjukkan 78% umat Islam Indonesia lintas generasi masih menjadikan Ustaz dan Ulama sebagai sumber info keagamaan utama.

Fitur uVoice di umma. (Dok. umma)
Fitur uVoice di umma. (Dok. umma)

Melalui fitur uVoice, umma sebagai aplikasi komunitas dan gaya hidup muslim, tidak hanya memudahkan pengguna untuk mendengarkan berbagai macam materi keislaman, namun juga memudahkan para pendakwah, tokoh inspiratif, dan kreator kontent muslim lainnya untuk berkreasi dan berbagi kebaikan dengan mudah, hingga membangun komunitas digital dalam satu platform.

Menurut CEO & Co-Founder umma, Indra Wiralaksmana, konten-konten podcast di uVoice dikemas secara menarik dan asyik untuk disimak di manapun dan kapanpun. Selain sebagai solusi dalam mendukung umat Islam menjadi muslim yang lebih baik melalui konten-konten podcast, uVoice juga bertujuan untuk menjawab kebutuhan pendakwah dan content creator muslim lainnya dalam memperluas jangkauan syiarnya.

Baca Juga: Penyejuk Hati, Ini Playlist Lagu Religi Untuk Didengarkan Selama Ramadhan

“Tidak hanya pendakwah, kreator konten muslim lainnya juga memiliki peluang mendapat eksposur dan membangun komunitas yang lebih luas dengan memanfaatkan keunggulan umma sebagai platform untuk beribadah dan berbagi kebaikan. Selain menyediakan eksposur dan fitur untuk membangun komunitas dan meningkatkan follower, umma juga mendorong pemberdayaan finansial para podcaster di uVoice melalui fitur infaq di dalam channel uVoice masing-masing podcaster yang sudah tergabung di uVoice,” tambah Indra.

Dalam konferensi pers secara daring beberapa waktu lalu, salah satu pendakwah, Ustaz Fikri Haikal MZ, yang juga menjadi kreator konten umma menambahkan, “Sebagai pendakwah, kami sangat mendukung inisiatif umma sebagai platform komunitas muslim terdepan yang memudahkan pendakwah maupun kreator konten muslim untuk menjangkau umat dengan format digital yang lebih relevan di tengah masyarakat. Selain itu, harapannya umma dapat terus melestarikan konten-konten dakwah yang pernah disampaikan sebelumnya oleh pendakwah terdahulu seperti almarhum ayah saya, yaitu KH. Zainuddin MZ, ke dalam teknologi digital, sehingga tetap terus dikonsumsi oleh umat seiring kemajuan teknologi.”

Melalui uVoice, umma juga mendukung pemberdayaan masjid melalui digitalisasi konten dakwah ke dalam podcast. Dakwah seperti kajian atau khotbah Jum’at yang biasanya dilakukan di lingkup masjid dan mimbar kajian, dan hanya bisa melibatkan umat yang hadir di tempat, kini bisa diakses melalui media podcast di uVoice oleh jutaan umat dari penjuru negeri yang hadir di aplikasi umma setiap harinya. Kini lebih dari 50 masjid besar di Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya telah bergabung di uVoice.

Hingga awal April 2021, uVoice menyajikan lebih dari 300 konten yang terbagi ke dalam empat kategori utama, yaitu Kajian Keislaman, murottal Al-Qur'an, Masjid dan topik-topik non-kajian seperti gaya hidup muslim. uVoice saat ini telah didukung oleh lebih dari 100 podcaster seperti Ustaz Hanan Attaki, Ustaz Fikri Haikal MZ, Ustaz Taufik Al Miftah, Rigen Rakelna, Amritsa Raje, Zein Permana, Imas Karyamah serta beragam komunitas, masjid, serta kreator konten lainnya.

Baca Juga: Awas! 4 Area Ini Rawan Penularan Covid-19 Selama Ramadhan

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar