alexametrics

Ramadhan di Berbagai Negara, Di Mana yang Memiliki Jam Puasa Terpanjang?

Vania Rossa | Lilis Varwati
Ramadhan di Berbagai Negara, Di Mana yang Memiliki Jam Puasa Terpanjang?
Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)

Jam puasa rata-rata di beberapa negara besar di dunia berkisar antara 12 hingga 15 jam. Tapi, ada juga yang lebih panjang daripada ini.

Suara.com - Saat bulan Ramadhan tiba, seluruh umat muslim di dunia akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Meskipun jam puasa Ramadhan bervariasi di seluruh dunia, tetapi secara syariat Islam, puasa dimulai sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya mayahari.

Artinya, umat Islam tidak diperbolehkan untuk minum, makan, dan melakukan hubungan suami-istri selama matahari masih bersinar. Tergantung di mana seseorang berada, periode puasa Ramadhan terasa sangat panjang karena siang hari di beberapa daerah bisa bertahan hingga 21 jam.

Perbedaan jam puasa disebabkan lamanya hari yang berbeda-beda dari satu daerah ke daerah lain. Hal ini berkaitan dengan waktu dalam setahun, jarak dari khatulistiwa, dan beberapa hal lain yang membuat matahari tampak lebih panjang atau lebih pendek tergantung letak suatu wilayah.

Dikutip dari AsiaOne, berikut beberapa daerah dengan jam puasa terpanjang dan terpendek di seluruh dunia pada tahun 2021.

Baca Juga: Boleh Tidak Puasa Jika Berkendara Lebih Dari 80 Km? Begini Kata Habib Jafar

Tempat dengan jam puasa terlama

1. Nuuk, Greenland
Kota Nuuk, Greenland, dianggap sebagai kota dengan jam puasa terlama. Di ibu kota Greenland yang dingin dan berangin itu, umat Islam harus menjalani puasa 20 jam.

2. Helsinki, Finlandia
Ibu kota terdingin kedua di Eropa ini juga menjadi kota dengan jam puasa terlama kedua bagi umat Islam. Total waktu matahari bersinar di kota itu selama 19 jam.

3. Glasgow, Skotlandia
Kota di dataran rendah barat Skotlandia menikmati sekitar 18 jam siang hari. Ini berarti Muslim di Glasgow harus mampu menahan diri mereka sendiri untuk berpuasa selama 18 jam.

4. Berlin, Jerman
Kota di Eropa Barat ini termasuk di antara 5 tempat teratas dunia dengan jam puasa terpanjang. Umat Muslim yang tinggal di Jerman harus menjalankan puasa hingga 17 jam. Temperatur di sana jadi tantangan tambahan karena saat kemarau bisa mencapai sekitar 35 derajat Celcius.

Baca Juga: Viral Para Pemuda Bangunkan Cewek saat Sahur, Publik: Pasti Kembang Desa!

5. Ottawa, Kanada
Matahari di negara paling utara Amerika Utara ini bersinar selama 16 jam, selama itu pula umat muslim di sana harus berpuasa. Mereka yang menjalankan puasa Ramadhan di Ottawa disarankan untuk tetap bugar dengan menyediakan asupan nutrisi yang cukup selama sahur.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar