alexametrics

Sudah Rutin Suntik Botox, Perlukah Tetap Pakai Produk Skincare?

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Sudah Rutin Suntik Botox, Perlukah Tetap Pakai Produk Skincare?
Ilustrasi suntik botox. (Shutterstock)

Namun jika sudah melakukan botox, tetapkah perlu melakukan perawatan kulit lainnya seperti pemakaian skin care? Jawabannya skin care perlu tetap rutin digunakan.

Suara.com - Botox adalah salah satu tindakan perawatan kulit mengurangi kerutan dan mengencangkan kulit wajah, tindakan ini juga sering disebut sebagai prosedur anti penuaan.

Proses botox biasanya wajah akan disuntikan dengan obat yang bisa melemaskan otot, sehingga kerutan hilang dan kulit terasa kencang, bahkan hasilnya langsung terlihat setelah tindakan.

Namun jika sudah melakukan botox, tetapkah perlu melakukan perawatan kulit lainnya seperti pemakaian skincare? Jawabannya skincare perlu tetap rutin digunakan.

Dijelaskan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Indah Widyasari, Sp.KK, penuaan adalah hal yang pasti terjadi akibat paparan radikal bebas, kuman, atau pikiran stres. 

Baca Juga: 5 Skincare Unik Para Artis, DNA Ikan Salmon Jadi Rahasia Krisdayanti

Ilustrasi suntik botox. (Shutterstock)

Sehingga tugas skincare adalah menjaga, sedangkan manfaat botox adalah memperbaiki masalah kerutan yang sudah terjadi.

"Proses penuaan terjadi karena paparan radikal bebas, yang bisa merangsang kerutan. Jadi lama-lama kerutan itu akan terus menerus timbul," ujar Indah dalam acara ZAP Premiere Virtual Media, Selasa (11/5/2021).

Sehingga kolaborasi antara perawatan botox dan rutin memakai skincare dipercaya ampuh untuk membuat kulit bisa terlihat lebih muda dan mendapatkan hasil maksimal.

Selain itu, yang perlu diingat instrumen skincare dasar terdiri dari 3 varian yaitu membersihkan kulit, melembabkan kulit, dan melindungi kulit. 

Nah, agar kulit terlihat lebih muda faktor perlindungan seperti memakai tabir surya atau sunscreen sangatlah penting. Kata Indah, sunscreen adalah produk anti aging atau anti penuaan termurah karena bisa melindungi dari sinar matahari.

Baca Juga: Hadir di Indonesia, Skincare Ini Klaim Miliki Dampak Iritasi Rendah

Seperti diketahui matahari bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit, termasuk menyebabkan radikal bebas lebih mudah masuk dan memicu kerutan di kulit.

Komentar