alexametrics

Banyak yang Enggak Tahu, Ternyata Ini Makna Tali Toga Dipindahkan Saat Wisuda

Bimo Aria Fundrika | Dian Kusumo Hapsari
Banyak yang Enggak Tahu, Ternyata Ini Makna Tali Toga Dipindahkan Saat Wisuda
Ilustrasi toga wisuda (Foto: shutterstock)

Tapi apakah Anda tahu makna dan pesan pemindahan tali tersebut?

Suara.com - Toga menjadi salah satu elemen yang wajib digunakan oleh mahasiswa atau mahasiswi saat menjalani proses wisuda. Namun, untuk bisa memakai toga tersebut bukan hal yang mudah.

Pasalnya perlu berjuang sekitar 4 tahun menjalani masa perkuliahan dan dinyatakan lulus dalam sidang skripsi, baru bisa menikmati rasanya mengenakan toga saat wisuda.

Saat wisudah tersebut,  orang yang telah lulus akan akan mendapat pengesahan langsung oleh rektor dari universitas. Biasanya dilambangkan dengan memakai jubah dan topi toga. Dengan adanya pengesahan tersebut berarti seorang dinyatakan lulus dan resmi menyandang gelar sarjana.

Namun, ada satu momen dalam prosesi wisuda yang menarik dan belum banyak orang tahu. Dalam menjalani proses tersebut, Rektor akan memindahkan tali toga dari kiri ke kanan.

Baca Juga: Melalui Live Instagram, Mahasiswa UMM Beri Edukasi Mengenai TOGA

Ilustrasi selebrasi kelulusan. [Shutterstock]
Ilustrasi selebrasi kelulusan. [Shutterstock]

Tapi apakah Anda tahu makna dan pesan pemindahan tali tersebut?

Prosesi tersebut bukan tidak memiliki makna. Ternyata, pemeindahan tali toga tersebut memiliki makna yang cukup dalam loh. Sebuah akun Tiktok @baldtwins mengunggah sebuah video mengungkap alasan tali toga dipindahkan dari kiri ke kanan.

“Dik dik dik dik, ingat nggak pas kita wisuda kenapa tali toganya dipindahin dari kiri ke kanan dik?,” tanya sang perekam video tersebut.

Didik pun menjawab bahwa saat seseorang berada dibangku kuliah, Anda akan lebih banyak menggunakan otak kiri dari pada otak kanan. Dimana otak kiri tersebut berfungsi untuk menghafat. Dengan tali toga yang dipindahkan kekanan diharapkan para mahasiswi atau mahasiswa ini bisa lebih banyak menggunakan otak kanan.

Artinya otak kanan berhubungan langsung dengan daya imajinasi, kreativitas dan inovasi. Sehingga ketika terjun ke dunia kerja Anda bisa lebih mandiri dan lebih kreatif.

Baca Juga: Berjuang Bersama di Universitas, Pemuda Ini Bawakan Toga ke Makam Kekasih

“Nah pas kita juliah itu kita lebih banyak menggunakan otak kiri kita buat hafalan, materi dan bahasa. Nah pas udah lulus diharapkan lebih bisa menggunakan otak kanannya buat inovasi, kreativitas, imajinasi di dunia kerja,” ujarnya.

Komentar