alexametrics

Apa Itu Komunikasi? Penjelasan Lengkap Tentang Pengertian, Proses, dan Jenis Komunikasi

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Apa Itu Komunikasi? Penjelasan Lengkap Tentang Pengertian, Proses, dan Jenis Komunikasi
ilustrasi komunikasi. (Shutterstock)

Apa sih komunikasi itu, apa saja jenisnya, dan bagaimana prosesnya? Simak penjelasan jeni-jenis komunikasi berikut.

Suara.com - Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian dan butuh berkomunikasi dengan orang lain baik secara verbal (lisan) atau secara non verbal (tulisan dan isyarat).

Tapi apa sih komunikasi itu, apa saja jenisnya, dan bagaimana prosesnya? Simak penjelasan jeni-jenis komunikasi berikut.

Mengutip Ruang Guru, Komunikasi diartikan sebagai proses penyampaian dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat. Lewat komunikasi inilah, orang bisa saling bertukar informasi.

Tapi di era digital, kini komunikasi semakin berkembang dengan kehadiran teknologi sehingga jarak dari belahan dunia manapun bisa tetap berkomunikasi, yang pastinya membutuhkan media atau alat komunikasi.

Baca Juga: Pengertian Komunikasi dan Cara Menerapkannya dalam Kehidupan

Alat atau media komunikasi terbagi empat jenis, yakni komunikasi data, audio, video, dan audio video. Berikut secara rinci penjelasan jenis komunikasi tersebut:

1. Komunikasi data

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua atau lebih alat komunikasi (device) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Data ini bisa berupa teks, file, gambar, suara, maupun video.

Sebagai contoh berkirim chat, foto, video lewat WhatsApp, maka itu disebut sebagai komunikasi data. Ini karena adanya perpindahan data dari device ke device lainnya, entah dari komputer ke komputer atau dari handphone ke handphone, maupun dari komputer ke handphone begitu juga sebaliknya.

Berdasarkan cara pengiriman pesannya, komunikasi data terbagi menjadi dua, yaitu komunikasi satu arah (simplex) dan komunikasi dua arah (duplex).

Baca Juga: Hindari 5 Jenis Komunikasi Ini, Bisa Bikin Hubunganmu Bubar!

Komponen komunikasi data terdiri dari lima macam sebagai berikut:

Komentar