alexametrics

Buat Minyak Kelapa Pakai Sebaskom Santan, Hasilnya Malah Bikin Publik Ngelus Dada

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
Buat Minyak Kelapa Pakai Sebaskom Santan, Hasilnya Malah Bikin Publik Ngelus Dada
Ilustrasi minyak kelapa. (Shutterstock)

Setelah mengaduk santan selama berjam-jam, rupanya segini hasil minyak kelapa yang didapat.

Suara.com - Minyak kelapa memang bisa dibuat di rumah. Namun, untuk membuat minyak kelapa ini diperlukan kesabaran ekstra dan sejumlah hal yang harus diperhatikan.

Seorang wanita membagikan pengalamannya saat membuat minyak kelapa. Hal ini ia bagikan melalui akun TikTok @faisalazmaa.

Pertama, ia menyiapkan santan kental dari kelapa yang telah diparut. Tak tanggung-tanggung, ia menggunakan satu baskom kelapa parut.

Santan yang dihasilkan pun langsung disaring di wajan berukuran besar. Setelah itu, ia menyalakan api dan mulai mengaduk.

Baca Juga: Jangan Tergoda Iming-iming Alami, Minyak Kelapa Terbukti Tak Cocok Atasi Luka!

Proses pengadukan santan kental ini pun memakan waktu yang cukup lama. Ia mengatakan butuh waktu berjam-jam hingga keluar minyak dari santan.

Membuat minyak kelapa (TikTok @faisalazmaa)
Membuat minyak kelapa (TikTok @faisalazmaa)

Setelah diaduk berjam-jam, santan kental itu pun berubah jadi minyak. Namun hasil yang didapat benar-benar berbeda dengan jumlah santan yang didapat.

Ia hanya mendapatkan setengah toples minyak kelapa dari satu wajan santan yang dimasak. Hal ini sempat membuatnya jengkel.

"Ngaduk berjam-jam dapetnya cuma setengah toples," tulisnya dalam caption video tersebut.

Minyak kelapa yang didapat lantas disaring dan disimpan di wadah transparan. Minyak kelapa itu berwarna cerah bahkan hampir bening.

Baca Juga: Minyak Kelapa Sawit Ternyata Simpan Manfaat Tersembunyi Ini

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Ribuan komentar memenuhi unggahan ini.

"Ampasnya woi favori banget. Emak gue buat tapi minyaknya makah dikasih tetangga hahaha. Baik banget dah emak gue," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "SumpahItu minyak kelapa wanginya enak banget, dipake buat ceplok telur rasanya juga uenaaak poll," ujar warganet ini.

"Emang kayak gitu. Emak gue masak minyak kelapa, santannya satu panci penuh jadinya sebotol kecil. Tapi minyaknya bagus kok, banyak manfaatnya," tulis warganet ini di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Senin (28/6/2021), video ini telah viral dan sudah ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali di TikTok.

Komentar