alexametrics

4 Jenis Karbohidrat yang Baik untuk Program Diet

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
4 Jenis Karbohidrat yang Baik untuk Program Diet
Makanan sumber karbohidrat. (Shutterstock)

Karbohidrat dituduh sebagai penyebab kenaikan berat badan sekaligus sumber makanan yang tidak sehat.

Suara.com - Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan banyak orang. Dengan memiliki tubuh yang ramping, mereka akan merasa lebih percaya diri.

Di sisi lain, konsumsi karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh kerap mendapat pandangan sebelah mata. Karbohidrat dituduh sebagai penyebab kenaikan berat badan sekaligus sumber makanan yang tidak sehat.

Padahal karbohidrat baik untuk membantu fungsi kesehatan otak, ginjal, dan juga otot. Saat menghilangkan asupan karbohidrat, Anda akan lebih mudah terserang sakit kepala dan juga kelelahan.

Dilansir dari Times of India, berikut ini daftar karbohidrat sehat yang dapat menunjang diet seimbang sekaligus menjaga berat badan.

Baca Juga: 6 Potret Terbaru Ivan Gunawan, Terima Tantangan Diet dengan Imbalan Rp 500 Juta

Ubi

Ubi jalar ungu banyak dihasilkan di Indonesia (shutterstock)
Ubi jalar ungu banyak dihasilkan di Indonesia (shutterstock)

Ubi jalar merupakan makanan yang biasa disajikan hangat ini, mengandung sumber manfaat yang tak kalah penting bagi tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, mineral, dan vitamin. Lewat kandungan antioksidan tinggi, ubi dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.  

Produk susu

Ilustrasi susu segar. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi susu segar. (Sumber: Shutterstock)

Produk susu dikenal mengandung karbohidrat yang sehat. Lewat kandungan laktosa yang merupakan gula alami, produk susu sangat bagus untuk dikonsumsi. Sebab susu bisa membangun massa otot sekaligus energi tubuh.

Buah-buahan

Baca Juga: 9 Potret Terkini Melly Goeslaw, Sukses Turunkan Berat Badan 30 Kg

Ilustrasi Buah-buahan. (Unsplash/cravethebenefits)
Ilustrasi Buah-buahan. (Unsplash/cravethebenefits)

Buah-buahan seperti semangka, stroberi, dan melon dikenal sebagai buah yang punya karbohidrat sehat. Selain gula alami, kaya akan mineral dan vitamin pada buah sangat penting bagi tubuh. Daftar ini harus tercatat dari program diet Anda, sehingga penurunan berat badan bisa berjalan signifikan.

Komentar