alexametrics

Sejarah Olimpiade, Benarkah dari Zaman Yunani Kuno?

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Sejarah Olimpiade, Benarkah dari Zaman Yunani Kuno?
Olimpiade Tokyo 2020 Digelar Tanpa Penonton di Stadio Nasional Jepang

Terlepas dari itu tahu nggak sih kalau olimpiade sudah dimulai sejak zaman Peradaban Yunani Kuno?

Suara.com - Olimpiade Tokyo 2020 resmi dibuka pada Jumat, 23 Juli 2021 lalu. Pesta olahraga terbesar di dunia ini dibuka di stadion Nasional Jepang (New National Stadium), Tokyo. Ratusan negara ikut meramaikan ajang dan mengirimkan kontingennya.

Terlepas dari itu tahu nggak sih kalau olimpiade sudah dimulai sejak zaman Peradaban Yunani Kuno? Olimpiade juga dianggap jadi salah satu peninggalan keren dari Peradaban Yunani.

Berikut sejarah olimpiade sejak zaman Peradaban Yunani Kuno, mengutip Ruang guru, Sabtu (24/7/2021).

Peradaban Yunani Kuno (800-146 SM) berkembang dari peradaban Kreta (Minoa) dan peradaban Mikenai. Yunani terletak di kawasan Eropa Tenggara yang sering disebut Semenanjung Balkan. Wilayah Yunani meliputi daratan paling ujung dari Semenanjung Balkan dan pulau-pulau yang tersebar di sekitarnya.

Baca Juga: Windy Cantika Aisah: Saya Tak Menyangka Bisa Dapat Medali

Berbeda dengan wilayah Mesopotamia dan Mesir Kuno, sebagian besar wilayah daratan Yunani terdiri atas daerah pegunungan yang terjal dan tanah tandus. Meskipun bukan wilayah yang subur, di bagian lembah-lembah masih bisa ditanami tanaman seperti gandum, anggur, dan zaitun.

Ilustrasi logo Olimpiade. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Olimpiade. [Shutterstock]

Selain itu, bangsa Yunani Kuno memiliki sistem kepercayaan politeisme, yaitu percaya pada kekuasaan para dewa. Di antaranya Zeus (dewa langit dan bumi), Apollo (dewa kesenian), Poseidon (dewa laut), Hades (dewa kematian), Aphrodite (dewi kecantikan dan cinta), Hermes (dewa perdagangan), dan Athena (dewi kebijaksanaan).

Mereka menggambarkan para dewa seperti manusia, tapi memiliki kekuatan dan keindahan yang lebih dari manusia biasa. Para dewa dipercayai tinggal di puncak tertinggi Gunung Olimpus.

Untuk menghormati dan menyenangkan mereka, bangsa Yunani Kuno mengadakan pesta olahraga di kaki Gunung Olimpus. Tradisi inilah yang sampai sekarang masih dipertahankan sebagai olahraga tingkat dunia yang kita kenal dengan Olimpiade.

Olimpiade pertama di dunia

Baca Juga: Angin, Penyebab Kekalahan Tim Panahan Indonesia di Olimpiade Tokyo

Olimpiade pertama diketahui diadakan di Olympia pada 776 SM. Saat Olimpiade Kuno berlangsung, perlombaan yang diadakan adalah lari, gulat, balap kereta kuda, tinju, pankrasi (bela diri), lompat jauh, serta lempar lembing dan cakram.

Komentar