alexametrics

Sahabat Jadi Cinta, Apakah Hubungan Asmara Akan Langgeng dan Berhasil?

M. Reza Sulaiman | Aflaha Rizal Bahtiar
Sahabat Jadi Cinta, Apakah Hubungan Asmara Akan Langgeng dan Berhasil?
Ilustrasi sahabat jadi cinta (Pixabay)

Hubungan asmara antara dua orang sahabat alias sahabat jadi cinta disebut-sebut rentan kandas dan tak bertahan. Namun, apakah benar seperti itu?

Suara.com - Hubungan asmara antara dua orang sahabat alias sahabat jadi cinta disebut-sebut rentan kandas dan tak bertahan. Namun, apakah benar seperti itu?

Studi yang diterbitkan oleh jurnal Social Psychological and Personality Science, justru hubungan asmara yang berasal dari persahabatan bisa bertahan hingga jangka panjang.

“Sangat sedikit penelitian terkait inisiasi hubungan dari sahabat menjadi kekasih, meski ini merupakan cara terbentuknya hubungan asmara paliong umum,” tulis studi sekaligus profesor psikologi University of Victoria British Columbia, Danu Stinson dilansir dari CNN Health.

Danu Stinson telah mempelajari inisiasi hubungan selama 20 tahun. Dan selama bertahun-tahun, banyak peserta yang melaporkan bahwa mereka membentuk hubungan asmara setelah sebelumnya menjalin persahabatan terlebih dahulu.

Baca Juga: Apakah Dia Belahan Jiwa Sesungguhnya? Ketahui 6 Tandanya

hubungan asmara dengan rekan kantor. (Shutterstock)
hubungan asmara dengan rekan kantor. (Shutterstock)

Para peneliti melakukan analisis lewat tujuh studi lab terhadap mahasiswa dan orang dewasa segala usia. Partisipan terdiri dari 1.900 orang dari Kanada dan Amerika Serikat.

Studi juga diperkuat lewat survei online dari tahun 2002 hingga 2020, dengan tujuan untuk analisis data dari demografis para peserta.

Analisis menemukan, bahwa 66 persen pasangan yang memulai hubungan asmara terjadi lewat persahabatan. Bahkan, banyak di antaranya yang sudah menjalin persahabatan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelumnya.

Studi terakhir bahkan mengamati 300 mahasiswa, yang sudah menjalin hubungan persahabatan selama hampir 22 bulan sebelum berubah menjadi hubungan asmara.

Selain itu, hampir setengah dari sampel analisis mengatakan, inisiasi teman-pertama merupakan metode pilihan mereka untuk memulai hubungan asmara.

Baca Juga: 4 Alasan Putus yang Sering Diungkapkan, "Kamu Terlalu Baik Buat Aku"!

Menurut Stinson, temuan ini mendorong pemikiran agar hubungan romansa bukan lagi dari perkenalan maupun kencan.

Komentar