alexametrics

Tak Tepat Gunakan Eyeliner, Dokter di TikTok Ungkap Bahaya yang Mengintai

Bimo Aria Fundrika | Dinda Rachmawati
Tak Tepat Gunakan Eyeliner, Dokter di TikTok Ungkap Bahaya yang Mengintai
Ilustrasi perempuan menggunakan eyeliner. (Unsplash/Matt Seymour)

Kerusakan tersebut memang dapat disebabkan oleh penggunaan kosmetik, khususnya eyeliner yang tak tepat.

Suara.com - Eyeliner menjadi salah satu makeup yang paling banyak digunakan, untuk membuat tampilan mata lebih tajam, besar dan sempurna. Sayangnya, banyak orang salah saat mengaplikasikan makeup satu ini.

Bagian yang tak tepat dalam penggunaan jangka panjang bisa membuatmu mengalami mata kering yang parah. Hal inilah yang disampaikan seorang pakar dalam sebuah video di TikTok.

Dokter bernama Brittani Carver-Schamper tersebut, dilansir The Sun memperingatkan para pengikutnya untuk tidak menggunakan eyeliner pada garis kulit antara bulu mata dan mata atau yang disebut garis air mata.

Ternyata, di bagian tersebut terdapat kelenjar yang memproduksi minyak yang jika rusak, mata akan terasa lebih kering, karena akan menghalangi produksi minyak secara sempurna. Sebaliknya, bentuk minyak yang keluar malah seperti pasta kental yang aneh. 

Baca Juga: Laporan Pertama, Covid-19 Sebabkan Infeksi Kulit Parah di Area Mata

Tak Tepat Gunakan Eyeliner, Dokter di TikTok Ungkap Bahaya yang Mengintai (Dok: TIkTok)
Tak Tepat Gunakan Eyeliner, Dokter di TikTok Ungkap Bahaya yang Mengintai (Dok: TIkTok)

Dalam videonya, dokter Brittani merekam saat ia sedang memeriksa seorang pasien yang mengalami kondisi tersebut. Kerusakan tersebut memang dapat disebabkan oleh penggunaan kosmetik, khususnya eyeliner yang tak tepat.

"Pasien ini telah memakai eyeliner di permukaan kelenjar air matanya sejak dia masih remaja. Alasan dokter tidak menyarankan untuk memakai eyeliner di di bagian tersebut adalah karena ada kelenjar khusus di sana yang memproduksi dan mengeluarkan minyak," jelas dia. 

"Minyaknya harus memiliki tekstur minyak zaitun tetapi seperti yang Anda lihat di sini lebih mirip pasta gigi. Itu berarti ada kelenjar yang tersumbat dan tidak menghasilkan air mata yang sehat," kata dia lebih lanjut.

Dia juga mengatakan bahwa tanpa kelenjar Meibomian yang berfungsi penuh, mata tidak dapat menghasilkan air mata yang berkualitas. Ini pada gilirannya dapat menyebabkan penyakit mata kering.

Dia menambahkan satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan tidak menggunakan eyeliner di bagian tersebut.

Baca Juga: Tutorial Make Up untuk Remaja Anti Menor, Cocok untuk Dipakai Sekolah!

"Apapun jenis eyelinernya, semuanya dapat menyumbat kelenjar minyak dan menyebabkan kerusakan kelenjar yang tidak dapat diperbaiki", katanya.

Komentar