alexametrics

Thailand Lockdown dan Tutup Tempat Wisata, Penguin di Kebun Binatang Kesepian

M. Reza Sulaiman
Thailand Lockdown dan Tutup Tempat Wisata, Penguin di Kebun Binatang Kesepian
Ilustrasi penguin. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Pemandangan unik terjadi di kebun binatang Khao Kheow Open Zoo di luar kota Bangkok, Thailand.

Suara.com - Pemandangan unik terjadi di kebun binatang Khao Kheow Open Zoo di luar kota Bangkok, Thailand.

Akibat lockdown dan penutupan tempat wisata yang diterapkan pemerintah, sejumlah penguin yang biasa berinteraksi dengan pengunjung pun merasa kesepian.

"Saya perhatikan mereka agak bingung karena ketika keluar kandang, biasanya sudah banyak pengunjung menunggu mereka," kata Tossapol Kosol, spesialis penguin di Khao Kheow Open Zoo di luar kota Bangkok, ibu kota Thailand.

"Sekarang ketika mereka keluar dan tak seorang pun pengunjung ada di sini, kadang mereka berhenti melihat sekeliling, seakan bertanya kemana semua orang pergi," kata dia.

Baca Juga: Menikah Serba Seadanya, Wanita Ini Pinjam Baju Kondangan Ibu untuk Akad

Ilustrasi pasangan penguin. (Pixabay/Capri23auto)
Ilustrasi pasangan penguin. (Pixabay/Capri23auto)

Suara kepak kaki penguin terdengar nyaring di kebun binatang yang kosong di Thailand, ketika serombongan burung itu keluar kandang untuk berenang di kolam.

Mereka sengaja dikeluarkan agar tetap sehat selama kebun binatang ditutup akibat lockdown.

Thailand tengah berperang melawan wabah virus corona terbesar mereka. Pembatasan ketat telah diberlakukan. Banyak ruang publik, termasuk kebun binatang, ditutup.

Selama setahun terakhir, Tossapol dan koleganya di kebun binatang itu harus mencari cara untuk melatih burung-burung itu meski tak ada pengunjung.

Setelah memberi makan 41 ekor penguin dengan 25 kilo ikan makarel, Tossapol dan kawan-kawannya menggiring mereka dari kandang berpendingin udara melewati gang menuju kolam terbuka untuk latihan.

Baca Juga: Temuan Virus Corona Varian Baru Meningkat di Wuhan, Warga Borong Kebutuhan Pokok

Direktur Tawin Rattanawongsawat mengatakan meskipun tidak ada pengunjung, yang biasanya membantu memberi makan penguin, kehidupan di kebun binatang itu harus tetap berjalan demi kebaikan hewan-hewan di sana.

Komentar