alexametrics

Pakai Baju Berwarna Gelap Bikin Terlihat Kurus? Ini Jawaban Telak Desainer Ivan Gunawan

Risna Halidi | Lilis Varwati
Pakai Baju Berwarna Gelap Bikin Terlihat Kurus? Ini Jawaban Telak Desainer Ivan Gunawan
Presenter Ivan Gunawan saat acara grand opening restaurant Luberger miliknya di Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/5/2021). [Suara.com/Aldian Winanto]

Dengan mengenakan pakaian berwarna gelap, katanya, mereka akan terlihat lebih ramping dan kurus. Tapi apa benar demikian?

Suara.com - Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan pakaian berwarna hitam atau warna gelap lainnya sangat cocok untuk mereka yang bertubuh bongsor.

Dengan mengenakan pakaian berwarna gelap, katanya, mereka akan terlihat lebih ramping dan kurus. Lalu apakah anggapan tersebut benar, setidaknya menurut desainer sekelas Ivan Gunawan?

Berbicara dalam acara webinar #4Better Festival, Ivan mengatakan bahwa anggapan tersebut tidak selalu benar.

Menurut Ivan Gunawan, pakaian berwarna gelap seperti warna hitam bukan dipakai agar tubuh terlihat kurus. Ia sendiri mengaku tidak pernah khawatir untuk mencoba pakaian yang lebih berwarna cerah.

Baca Juga: Pose Mesra Bareng Ayu Ting Ting, Ivan Gunawan: Aku Bahagia Punya Kamu

Model Plus Size Versace di Milan Fashion Week (instagram.com/jilla.tequila)
Ilustrasi: Model Plus Size Versace di Milan Fashion Week (instagram.com/jilla.tequila)

"Aku gak pernah takut sama warna. Aku gunakan aneka macam warna. Aku selalu katakan bahwa menggunakan busana berwarna tidak membuat kita gendut," kata Ivan Minggu (29/8/2021).

Baginya, tubuh yang terlihat kurus bukan sekadar dari manipulasi yang dilakukan warna pakaian, melainkan justru benar-benar ada upaya untuk menurunkan berat badan.

"Jadi kalau mau kelihatan kurus, ya bukan pakai baju hitam. Tapi kurangi porsi makan dan olahraga," sarannya.

Meski begitu, ia menekankan bahwa setiap orang sebenarnya memiliki gaya berpakaian masing-masing. Cara terbaik memilih pakaian, kata Ivan, bukan sekadar mengikuti orang atau tren.

Terlebih, menurut Ivan, cara berpakaian juga bisa menjadi representatif diri setiap orang.

Baca Juga: 10 Potret Kamar Ivan Gunawan Bak Hotel Mewah, Harga Kasurnya Tak Main-main

"Setiap orang, they have personal style. Terkadang kita tuh gak bisa berdandan seperti orang lain. Jadi, apa yang kita pakai sebetulnya apa yang kita rasakan hari itu," imbuhnya.

Komentar