alexametrics

Ingin Punya Kulit Sehat? Dokter Anjurkan Makan Makanan Tinggi Antioksidan

M. Reza Sulaiman
Ingin Punya Kulit Sehat? Dokter Anjurkan Makan Makanan Tinggi Antioksidan
Ilustrasi kesehatan kulit bokong, selulit. (Shutterstock)

Memiliki kulit sehat tidak hanya dengan perawatan saja. Dokter mengingatkan asupan bergizi dan tinggi antioksidan juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Suara.com - Memiliki kulit sehat tidak hanya dengan perawatan saja. Dokter mengingatkan asupan bergizi dan tinggi antioksidan juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Dokter Arti Indira, spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menyebut bahan makanan yang mengandung antioksidan bisa didapat dengan mudah di Indonesia.

“Tidak perlu cari makanan yang susah-susah ya. Misalnya kita googling yang disarankan golongan berries. Itu kan agak susah ya dapatinnya di Indonesia, padahal antioksidan ini ada di banyak bahan makanan asal Indonesia juga. Seperti nanas, jeruk, dan sayuran hijau,” kata Arti dilansir ANTARA.

Ia menambahkan bahwa antioksidan alami biasanya terdapat pada bahan makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Baca Juga: Mau Coba Pakai Skin Care Baru, Coba Tes dengan Cara Berikut

Antioksidan [Health]
Antioksidan [Health]

Nutrisi yang baik buat kulit ada juga pada bahan makanan yang mengandung polifenol seperti pada golongan teh, baik teh hitam maupun teh hijau.

“Tidak perlu ketat atau bingung karena itu ada dikonsumsi makanan sehari-hari,” kata Arti.

Antioksidan merupakan zat baik untuk tubuh karena bisa menangkal partikel radikal bebas yang seringkali merusak sel-sel tubuh bahkan DNA sehingga menjadi potensi penyakit kronis.

Radikal bebas juga mengincar dan merusak kesehatan kulit, maka tidak jarang ditemukan orang yang kekurangan antioksidan mengalami kondisi penuaan dini dan memiliki kondisi kulit yang kusam dan terlihat tidak sehat.

Tentunya konsumsi antioksidan yang rutin mengecilkan potensi terpapar radikal bebas, dan agar lebih optimal juga harus menghindari kebiasaan merokok ataupun minum minuman keras yang menjadi sumber partikel radikal bebas.

Baca Juga: Sering Muncul Kutil di Seluruh Tubuh, Apakah Gara-gara Penyakit Keturunan?

Selain menjaga tubuh agar bisa terlindungi lewat antioksidan alami, anda juga bisa menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan rangkaian perawatan kulit atau skin care yang menggandung bahan-bahan tinggi antioksidan.

Komentar