alexametrics

5 Tanda Anda Butuh Istirahat Sejenak dari Rutinitas Harian

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
5 Tanda Anda Butuh Istirahat Sejenak dari Rutinitas Harian
Ilustrasi lelah, butuh istirahat. (Shutterstock)

Bekerja terlalu keras dapat menyebabkan Anda kelelahan. Dan jalan keluar satu-satunya adalah dengan mengambil waktu untuk beristirahat.

Suara.com - Melakukan pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah tangga, belum lagi menemani anak-anak belajar online di rumah, serta urusan-urusan lainnya, membuat banyak orang lebih sibuk di tengah pandemi ini. Istirahat? Itu jadi sesuatu yang mewah dan sulit untuk dilakukan saat ini.

Namun faktanya, bekerja terlalu keras dapat menyebabkan Anda kelelahan. Dan jalan keluar satu-satunya adalah dengan mengambil waktu untuk beristirahat.

Dilansir dari Healthshots, inilah lima tanda peringatan untuk mengistirahatkan pikiran Anda dari rutinitas harian yang melelahkan.

1. Anda kesulitan untuk fokus
Terkadang, emosi Anda bisa menjadi luar biasa, sehingga sulit untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting. Anda mungkin sering menemukan diri Anda terganggu oleh pekerjaan yang sesungguhnya mudah.

Baca Juga: Mengukur Seberapa Lelah Batinmu dengan Tes Kepribadian Berikut

terkadang, pikiran Anda mengembara ketika sedang membaca laporan atau di tengah-tengah memasak. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin memberi diri Anda lebih banyak waktu santai agar pikiran Anda pulih dari tugas sebelumnya.

2. Anda terlalu sering mengeluh
Ketika Anda kelebihan beban dengan sesuatu, segalanya menjadi negatif. Segala sesuatu di sekitar Anda terasa seperti beban. Bahkan hal-hal yang biasanya Anda sukai akan terasa sedikit mengganggu. Anda pun mulai mengeluh tentang hal-hal kecil yang sebelumnya tidak terlalu penting.

3. Energi Anda seperti terkuras
Ketika Anda terus-menerus sedih dan kehilangan motivasi, serta kecemasan selalu melanda di setiap langkah yang sedaang dilakukan, itulah alarm bahwa Anda membutuhkan sedikit kedamaian. Waspada ketika hati Anda mulai mengatakan, "Saya tidak ingin melakukan apa pun."

4. Anda tidak memiliki kehidupan sosial
Jika Anda melewatkan acara anak-anak Anda, melewatkan acara-acara penting yang melibatkan teman-teman terbaik Anda, dan jika keluarga Anda tidak tahu di mana Anda berada, istirahat adalah suatu keharusan. Ini karena Anda begitu sibuk dengan rutinitas Anda sehingga Anda tidak punya waktu untuk mempertimbangkan atau bahkan melihat hal-hal lain.

Mungkin saja Anda lupa bahwa Anda punya rencana untuk bertemu dengan seorang teman. Anda perlu menyadari betapa pentingnya untuk terus berinteraksi dengan orang yang Anda cintai dan bicara hal lain di luar tugas dan pekerjaan.

Baca Juga: Hanya Orang dengan Disiplin Diri Baik, Bisa Melakukan 4 Hal Ini, Kamu Juga?

5. Anda terlalu khawatir dengan daftar tugas Anda
Hari Anda dimulai dengan sederet daftar tugas. Namun Anda selalu selangkah di belakang, sedikit terlambat, dan benar-benar stres tentang itu semua. Sangat sulit bagi Anda untuk mengarahkan mata Anda kepada hal lain di luar pekerjaan. Inilah pertanda bahwa sudah saatnya Anda memberi tugas pada tubuh dan pikiran untuk beristirahat.

Komentar