alexametrics

5 Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Apanya yang Rusak?

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Apanya yang Rusak?
Menyimpan makanan dalam kulkas. (Shutterstock)

Penasaran apa saja penyebab kulkas tidak dingin lagi? Simak penjelasan di bawah ini.

Suara.com - Kulkas atau lemari es merupakan tempat untuk menyimpan barang dalam suhu rendah sehingga menunda atau memperlambat proses pembusukan. Tentu saja, untuk dapat berfungsi optimal kulkas harus memiliki suhu yang dingin. Namun, ada saja penyebab kulkas tidak dingin yang terkadang muncul dan harus segera dibereskan.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda tahu soal penyebab kulkas tidak dingin lagi, antara lain:

Pastikan Panel Kontrol Suhu

Setiap kulkas atau lemari es memiliki satu panel untuk mengontrol suhu, dan bahkan timer pada kulkas atau perangkat modern. Nah, pertama pastikan semua setelah sudah sesuai agar tidak terjadi kesalahan yang tak  perlu. Biasanya, tidak dinginnya suhu kulkas bisa dikarenakan pengaturan yang kurang pas.

Baca Juga: Sembarangan Ambil Minuman di Kulkas, Cewek Ini Menangis Pas Icip Rasanya

Ilustrasi kulkas. (Unsplash/Jose Soriano)
Ilustrasi kulkas. (Unsplash/Jose Soriano)

Pintu Tak Tertutup Rapat

Bagian gasket atau fleksibel pada pintu kulkas juga bisa jadi penyebab kulkas tidak dingin. Ketika bagian ini kotor, suhu dingin bisa dengan mudah menyelinap keluar sehingga suhu didalam kulkas tidak dapat terkontrol dengan baik. Bersihkan secara rutin untuk menjaga bagian ini tetap bersih dan menutup dengan sempurna.

Pastikan Sirkulasi Udara Bagus

Ketika kulkas dalam posisi penuh, tak jarang makanan atau barang-barang menutupi ventilasi udara masih tempat hawa dingin ditiupkan.

Tentu saja masalah ini merupakan hal sepele, Anda tinggal mengatur peletakan makanan dan minuman agar sirkulasi di dalam kulkas tetap bagus.

Baca Juga: Lemari Es Multi Door LG Terbaru Dilengkapi Dispenser Air UV Nano

Gulungan Kondensor Kotor

Ada bagian yang disebut dengan gulungan kondensor di bagian belakang lemari es. Ketika bagian ini kotor, fungsi pendinginan tidak akan berjalan dengan optimal.

Pastikan bagian ini selalu berada dalam keadaan bersih sehingga fungsi pendinginan bisa benar-benar dioptimalkan. Pastikan juga ketika membersihkan kulkas, gulungan kondensor tidak tertekuk atau merusak gulungan.

Lemari Es Berada dalam Kondisi Kosong

Tahukah Anda bahwa fungsi pendinginan pada lemari es dapat bekerja dengan optimal ketika lemari es berada dalam kapasitas yang penuh? Well, penuh dalam artian tidak kosong, dan memiliki banyak stok makanan.

Ketika dalam kondisi ini, maka fungsi pendinginan bisa berjalan dengan baik. Lemari es tetap dingin dan stok makanan tetap terjaga!

Nah, itu tadi beberapa penyebab kulkas tidak dingin. Semoga bisa jadi satu inspirasi yang berguna untuk memastikan suhu dingin lemari es Anda. Selamat beraktivitas!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar