alexametrics

9 Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Lembap dan Glowing

Arendya Nariswari
9 Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Lembap dan Glowing
Ilustrasi perawatan kulit dengan lidah buaya. (Shutterstock)

Anti ribet, simak 9 cara membuat masker lidah buaya untuk kulit lembap dan glowing berikut ini.

Suara.com - Masker lidah buaya salah satu cara ampuh untuk melembapkan dan meremajakan kulitmu. Bahkan, bahan alami ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Lantas, bagaimana cara membuat masker lidah buaya? Berikut ini penjelasannya.

Sebuah studi tahun 2016 menyebutkan, ketika digunakan secara topikal, lidah buaya mampu merangsang produksi kolagen serta asam hialuronat, yang mana berguna untuk meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit.

Lidah buaya sendiri mempunyai sejarah panjang sebagai perawatan kulit. Bahkan, ratu Cleopatra dan Nefertiti juga menggunakan lidah buaya dalam perawatan kecantikan sehari-hari mereka. 

Nah bagi yang ingin kulitnya glowing dan lembap tanpa jerawat, berikut ini cara membuat masker lidah buaya yang bisa kamu sendiri di rumah mengutip dari  medicalnewstoday dan Sayurbox.

Baca Juga: Jelang Uji Coba PTM, Penjualan Masker Tak Sebanyak Awal PPKM

1. Lidah buaya

Untuk menggunakan masker lidah buaya, kupas dulu kulitnya, lalu ambil daging atau gelnya. Setelah itu, oleskan gel tersebut pada wajah secara merata. Diamkan 10-15 menit sampai gel meresap pada kulit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

2. Lidah buaya, kayu manis, dan madu

Untuk membuat masker lidah buaya, kayu manis, dan madu, caranya dengan campur jadi satu dalam mangkuk kecil 1 sendok makan lidah buaya, ¼ sendok teh kayu putih, dan 2 sendok makan madu, aduk sampai rata. Setelah itu, oles ke wajah, dan diamkan 10 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

3. Lidah buaya dan lemon

Baca Juga: Top 5 SuaraJogja: Toko di Jogja Diduga Jual Masker Bekas, Kecelakaan Karambol di Jakal

Untuk membuat masker dari lidah buaya dan lemon, campurkan keduanya dengan perbandingan 8:1. Setelah itu oleskan pada wajah secara mata (kecuali area mata) dan diamkan 10 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Lidah Buaya (Shutterstock)
Lidah Buaya (Shutterstock)

4. Lidah buaya dan kopi

Lidah buaya dan kopi bisa digunakan untuk scrub. Campurkan kedua bahan tersebut dalam mangkok untuk exfoliator. Kedua bahan ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulitmu jadi lebih lembut.

5. Lidah buaya, kunyit, madu

Membuat masker dari campuran madu, lidah buaya, dan kunyit, berguna untuk mengobati jerawat. Cara membuatnya, campurkan dalam satu wadah 1 sendok makan lidah buaya, 1 sendok makan madu, dan  1 sendok teh kunyit bubuk. Aduk semuanya sampai rata, lalu oleskan ke wajah, diamkan sampai kering. Setelah itu, bilas.
 
6. Lidah Buaya dan telur

Campuran Lidah Buaya dan Telur juga berguna untuk mencegah kerutan pada wajah serta menutrisi kulit. Cara membuat masker ini yaitu campurkan 2 sendok makan lidah buaya dan 1 butir telur. Aduk sampai rata, lalu oleskan pada wajah secara merata.

Sebelum menggunakan masker, basuh dulu wajah dan leher menggunakan air hangat. Setelah itu, oleskan masker pada wajah dan leher. Diamkan sampai kering, lalu bilas menggunakan air bersih.

7. Lidah buaya, susu, madu

Masker lidah buaya, madu, dan susu, berguna untuk menutrisi kulit, mengatasi inflamasi, dan mencegah jerawat. Cara membuatnya, campurkan dalam satu wadah 1 sendok makan madu, ½ sendok makan susu putih, dan 2 sendok makan lidah buaya. 

Sebelum mengaplikasi campuran bahan tersebut pada wajah, bilas dulu wajah dan leher menggunakan air hangat. Setelah itu oleskan masker pada wajah dan leher. Diamkan 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

8. Lidah buaya, air mawar, mentimun

Masker lidah buaya, air mawar, dan mentimun, berguna mengatasi iritasi kulit dan hiperpigmentasi. Cara membuatnya, campurkan ½ mentimun halus, 1 sendok teh air mawar, dan 2 sendok makan lidah buaya. Oleskan pada wajah dan leher yang sebelumnya sudah dibersihkan menggunakan air hangat. Diamkan 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

9. Lidah buaya, gula, lemon

Lemon, lidah buaya dan gula berguna mengatasi kulit berminyak dan mengontrol pori-pori. Cara membuatnya, campurkan 2 sendok makan lidah buaya, 1 sendok makan gula, 2 sendok makan lemon. Aduk sampai rata, lalu oleskan pada wajah, diamkan 5-10 menit, kemudian bilas sampai bersih. 

10. Lidah buaya, yoghurt

Lidah buaya yang dicampur bersama yoghurt dapat mengobati kulit rusak. Cara membuatnya, campurkan lidah buaya 2 sendok teh, air timun 1 sendok makan, yoghurt 1 sendok makan, dan air mawar 1 sendok teh. Aduk sampai rata, lalu oleskan pada wajah, diamkan 10-15 menit, lalu bilas menggunakan air bersuhu sedang.

Nah, itulah cara membuat masker lidah buaya dan campuran bahan alami lainnya agar kulit glowing, lembap, dan bebas jerawat. Selamat mencoba!

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar