alexametrics

Studi: Konsumsi Sayur dan Buah Bisa Tingkatkan Kebahagiaan

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Studi: Konsumsi Sayur dan Buah Bisa Tingkatkan Kebahagiaan
Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay)

Hal ini dibuktikan lewat studi yang terbit dalam Journal of Happiness Studies.

Suara.com - Mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan, disebut dapat meningkatkan kebahagiaan. Hal ini dibuktikan lewat studi yang terbit dalam Journal of Happiness Studies, yang dikutip dari Healthshots.

Studi ini mengungkap adanya hubungan antara gaya hidup dan kesejahteraan, yang juga telah didokumentasikan dan sering digunakan dalam kampanye kesehatan masyarakat untuk mendorong diet dan olahraga yang lebih sehat.

Temuan baru ini menunjukkan bahwa ada dampak positif dari gaya hidup sehat terhadap kepuasan hidup. Penelitian ini merupakan studi pertama yang mengungkap hubungan kebahagiaan dengan konsumsi buah, sayur-sayuran, serta olahraga.

Dari penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan variabel instrumental untuk menyorot efek dari kebahagiaan ke gaya hidup. Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi buah, sayur-sayuran, dan olahraga dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang.

Baca Juga: Menu Sarapan Pagi yang Lebih Praktis dan Sehat, Perbanyak Konsumsi Buah

Selain itu, studi ini juga menunjukkan bagaimana laki-laki berolahraga lebih banyak, sedangkan perempuan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran.

Diketahui sebelumnya, gaya hidup yang buruk merupakan penyebab utama kesehatan yang buruk di seluruh dunia.

"Perilaku yang membantu perencanaan diri serta memperkuat tujuan jangka panjang, kemungkinan sangat membantu dalam mempertahankan gaya hidup. Jika gaya hidup lebih baik, tak hanya membuat lebih sehat tetapi juga meningkatkan kebahagiaan," ungkap Dr. Adelina Gschwandtner, penulis studi dari University of Kent’s School of Economics.

Di samping itu, menurut rekan penulis studi Professor Uma Kambhampati, ada perubahan besar jika seseorang mengonsumsi buah serta sayur-sayuran, salah satunya gaya hidup yang sehat.

"Makan lebih banyak buah, sayur-sayuran dan berolahraga, dapat meningkatkan kebahagiaan. Tak hanya itu, gaya hidup ini menawarkan manfaat kesehatan yang besar, dan ini juga berguna bagi kampanye kebijakan seputar lingkungan dan keberlanjutan," ungkapnya.

Baca Juga: Jaga Pola Makan Secara Teratur, Ini Delapan Makanan yang Bisa Membuat Ceria

Komentar