alexametrics

Dari Antiaging Hingga Halau Depresi, Ini Manfaat Minum Wine dengan Porsi Wajar

Risna Halidi
Dari Antiaging Hingga Halau Depresi, Ini Manfaat Minum Wine dengan Porsi Wajar
Ilustrasi wine (Shutterstock)

Wine atau minuman anggur ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan lho.

Suara.com - Wine atau minuman anggur ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan lho. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, tentu saja masyarakat sangat dianjurkan untuk mengonsumsi wine dalam jumlah yang wajar.

Sales and Marketing Manager Casa Wine Kiky Chandra mengatakan, masyarakat Indonesia penikmat wine cenderung telah menyadari manfaat minum wine dengan takaran yang sesuai.

"Umumnya banyak konsumen yang sudah mengetahui manfaat dari mengonsumsi wine. Mereka memilih wine sebagai minuman untuk relaksasi menghilangkan stres dari rutinitas maupun terapi kesehatan. Dan untuk memperoleh benefit kesehatan sebaiknya wine diminum sesuai dengan takaran yang telah dianjurkan oleh para ahli," jelas Kiky Chandra.

Dikutip Suara.com dari siaran tertulis Casa Wine, Rabu (22/9/2021) beberikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan wine atau minuman anggur.

Baca Juga: Tak Cuma Lezat, Kacang Mete Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini

ilustrasi bersulang [shutterstock]
ilustrasi bersulang [shutterstock]

1. Antipenuaan
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, minuman wine terbukti mengandung agen antipenuaan atau antiaging, serta antioksidan. Kandungan inilah yang pada akhirnya bermanfaat membuat kulit tetap sehat.

2. Kesehatan mulut
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Profesor Gabriella Gazzani dan tim peneliti lain dari University of Pavia di Italia, pihaknya menganalisis lebih lanjut mengenai mekanisme antibakteri pada wine. Peneliti kemudian menemukan bahwa red wine atau anggur merah memiliki efek antibakteri yang baik untuk kesehatan mulut.

Ilustrasi wine. (Shutterstock)
Ilustrasi wine. (Shutterstock)

3. Mengurangi depresi
Lebih lanjut, sebuah studi yang dilakukan oleh BMC Medicine pada tahun 2013 lalu mengungkapkan konsumsi wine setidaknya dua sampai tujuh gelas jenis anggur merah dalam seminggu (dengan takaran 150 ml per gelas) dapat menurunkan risiko stres maupun depresi.

4. Menyehatkan jantung
Studi lain yang dilakukan oleh John Hopkins dari Univaersity Medical Center membuktikan, resveratrol yang terdapat pada kulit anggur merah bisa mencegah stroke. Selain itu, kandungan procyanidin dan resveratrol juga bisa menyehatkan jantung serta dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan kadar HDL (kolesterol baik).

Baca Juga: Penyebab Sendawa dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Komentar