alexametrics

Selain Mandi, Ini Jenis Perawatan Tambahan yang Dibutuhkan Anjing

Risna Halidi
Selain Mandi, Ini Jenis Perawatan Tambahan yang Dibutuhkan Anjing
Memandikan Anjing. (Dok: Element Envanto)

Berikut cara dan tips melakukan perawatan anjing Anda di rumah.

Suara.com - Selain memandikan anjing, Anda juga perlu melakukan perawatan lainnya untuk si anak bulu kesayangan seperti menyikat bulu anjing, membersihkan telinga, menjaga kebersihan gigi, dan menggunting kuku anjing Anda.

Dilansir dari Purina, berikut cara dan tips melakukan perawatan anjing Anda di rumah.

1. Menyikat bulu anjing
Menyikat merupakan salah satu cara termudah menjalin ikatan dengan anjing Anda. Hal ini membantu mengurangi kerontokan bulu dan terkadang, anjing Anda mungkin sangat menyukainya. Gunakan sikat atau sisir yang tepat, tergantung pada jenis anjing Anda.

Untuk memulainya, cukup sikat dari ujung kepala hingga ujung kaki, dan buatlah pengalaman yang nyaman antara Anda dengan anjing Anda.

Baca Juga: Sultan Banget, Perempuan Ini Pesan Semua Tiket Pesawat Bisnis Untuk Ia dan Anjingnya

Memandikan Anjing. (Dok: Element Envanto)
Memandikan Anjing. (Dok: Element Envanto)

2. Membersihkan telinga anjing
Kesehatan dan kebersihan telinga sangat penting bagi anjing. Jadi penting untuk membersihkan telinga mereka secara teratur, dan melakukannya dengan mudah. Sebelum memulai, Anda harus mempersiapkan:

  • Bola kapas
  • Solusi pembersih telinga yang telah disetujui oleh dokter hewan
  • Tisu pembersih telinga anjing
  • Camilan

Gunakan bola kapas dan larutan, atau tisu, untuk menyeka semua kulit yang terlihat dan terjangkau. Jangan gunakan bola kapas yang sama atau lap untuk kedua telinga. Ini mencegah penyebaran infeksi jika satu telinga sudah terinfeksi.

Jika bola kapas jadi sangat kotor, Anda sebaiknya membawa anjing ke ahli agar mereka bisa melihat lebih dekat. Perhatikan juga bau atau tanda-tanda peradangan. Anjing Anda mungkin tidak nyaman ketika telinganya disentuh. Jadi bersikaplah lembut, dan pastikan untuk menawarkannya hadiah saat pekerjaan selesai.

3. Kebersihan gigi anjing

Ilustrasi anjing menderita rabies (Elements Envato)
Ilustrasi anjing (Elements Envato)

Seperti kebersihan telinga, menjaga kebersihan gigi sangat penting untuk anjing Anda. Ini membantu mengurangi bakteri, mencegah infeksi dan penumpukan yang dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

Baca Juga: Hampir 1000 Orang Digigit Anjing Rabies di Kalimantan Barat Sejak Awal 2021

Menyikat gigi secara teratur dapat membantu menghindari atau mencegah penyakit gigi. Ini mungkin sedikit tidak nyaman bagi anjing Anda, tetapi ia akan terbiasa jika semakin sering dilakukan.

Komentar