alexametrics

Sering Sulit Cari Teman, Pakar Ungkap Tiga Sebabnya

Bimo Aria Fundrika
Sering Sulit Cari Teman, Pakar Ungkap Tiga Sebabnya
Ilustrasi teman toksik.(pexels.com/Mikhail Nilov)

Tidak jarang, seorang justru kesulitan untuk bisa mencari teman. Sehingga, sebagian merasa mengalami kesepian dan juga kesendirian.

Suara.com - Memiliki teman yang bisa diajak berbagai banyak hal menjadi tantangan tersendiri. Tidak jarang, seorang justru kesulitan untuk bisa mencari teman.

Sehingga, sebagian merasa mengalami kesepian dan juga kesendirian. Tapi, sebenarnya apa sih yang bikin seorang sulit punya teman? Mengutip dari Very Well Mind, Psikolog Klinis di Humantold Jessica Ermilio, memberikan tiga penyebab mengapa sulit mencari teman.

Kecemasan

Ilustrasi cemas. (Pexels/Alex Green)
Ilustrasi cemas. (Pexels/Alex Green)

Alasan pertama mengapa seseorang sulit mencari teman adalah, karena mengalami rasa cemas saat bertemu orang baru. Bahkan, rasa cemas ini terjadi ketika individu takut merasa ditolak lingkungan serta dihakimi orang lain.

Baca Juga: Jangan Sembarang Pilih Teman! Ini 4 Ciri Orang yang Layak Dijadikan Sahabat

Menurut Jessica, bagi sebagian orang, rasa cemas dapat mengganggu kemampuan mereka saat terhubung dengan orang lain. Sehingga mereka sulit fokus dan gugup saat berbicara.

Menghindar

Ketika seseorang sulit mencari teman, bisa jadi karena faktornya menghindar dari lingkungan sosial. Seringkali, seseorang yang memilih menghindar karena takut ditolak, sehingga mereka lebih memilih untuk sendirian.

Punya ekspektasi tinggi

Tidak selalu gugup dan menghindar semata, tapi kesulitan mencari teman juga terjadi ketika salah satu orang, punya ekspektasi tinggi pada orang lain. Terkadang, mereka hanya mau berteman dengan orang populer dan punya status sosial yang tinggi. Padahal ada yang lebih penting dalam mencari teman, yakni teman yang bisa menjadi menguatkan mental satu sama lain.

Baca Juga: Wanita Selalu Tabur Bunga di Laut Setiap Malam Jumat, Alasannya Bikin Meneteskan Air Mata

Jessica menyarankan, lebih baik fokus untuk mencari satu atau dua orang teman asal sehat, dibanding mencari teman banyak yang tidak bermanfaat. Dengan teman yang hanya sedikit, ini akan membebaskan seseorang dari yang namanya toxic friendship.

Komentar