alexametrics

6 Arti Mimpi Menikah, Ternyata Tidak Selalu Indah

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Arti Mimpi Menikah, Ternyata Tidak Selalu Indah
Ilustrasi menikah di area publik. (Pexels/Quang Nguyen Vinh)

Apa arti mimpi menikah? Apakah selalu berkaitan dengan kebahagiaan?

Suara.com - Meskipun sekedar ilusi, pernikahan di alam mimpi pasti terasa sangat menyenangkan. Apalagi, jika di sana terlihat kamu dan pasanganmu yang berada di pelaminan. Pernah mimpi menikah? Tahukah kamu arti mimpi menikah yang kerap bikin penasaran itu?

Sayangnya, arti mimpi menikah tidak selalu berkaitan dengan kebahagiaan. Hal itu apalagi untuk mereka yang sempat memiliki pengalaman buruk dengan ikatan suci itu, seperti pernah batal menikah, bercerai, atau memiliki desakan menikah padahal pasangan pun tidak ada.

Melansir dari Bustle, analis mimpi dan penulis Dream On It, Lauri Quinn Loewenberg menjelaskan beberapa arti mimpi menikah dan apa yang harus kamu lakukan untuk memahaminya.

1. Mimpi menikah ketika masih lajang

Baca Juga: Viral Pengantin Baru Batal Malam Pertama, Malah Asyik Lakukan Ini Sampai Pagi

Ilustrasi menikah (unsplash.com/nikki gibson)
Ilustrasi menikah (unsplash.com/nikki gibson)

Mimpi menikah tidak selalu mengisyaratkan bahwa kita menginginkan pernikahan di dunia nyata. Bisa jadi, mimpi itu justru berkaitan dengan simbolisasi pernikahan dalam budaya kita sendiri, contohnya komitmen.

Jadi, mimpi menikah di saat kamu masih lajang bisa berarti ada jenis komitmen lain yang akan kamu mulai dalam kehidupan nyata.

Komitmen juga tidak melulu tentang hubungan percintaan dua individu, bisa saja hal ini merujuk pada keputusan menandatangani kontrak, sampai sesuatu yang lebih abstrak.

2. Mimpi menikah ketika sedang merencanakannya

Ketika kita sedang menyiapkan pernikahan dan memimpikan hal itu, tentu menjadi ha yang wajar. Namun, bukannya mimpi kamu nggak berarti apa pun, ya.

Baca Juga: 5 Pasangan Artis Menikah Siri Berujung Cerai, Beberapa Tak Bertahan Lama

Mimpi menjadi calon pengantin saat sedang merencanakan pernikahan bisa jadi membantu kita dalam menghadapi berbagai stres menjelang hari besar tersebut.

Memimpikan pernikahan juga bisa jadi mencerminkan sesuatu yang kita takuti di dunia nyata, Misalnya, beberapa orang mungkin khawatir karena telat menikah.

Sebagian lagi, mungkin melihat sesuatu yang tidak disukai saat mengenakan gaun yang salah di dalam mimpi.

3. Mimpi menikahi orang lain, bukan pasangan

Memimpikan pernikahan dengan orang lain saat kita sudah memiliki pasangan di dunia nyata mungkin terasa tidak nyaman.

Walau begitu, jangan langsung mengartikan bahwa mimpi menikahi orang lain ini sebagai pertanda bahwa sosok tersebut adalah masalah di kehidupan nyata dengan pasangan kita. Bisa jadi, sosok dalam mimpi ini adalah simbol kualitas pasangan yang kita inginkan.

Namun, jika kita memimpikan orang yang kita kenal, atau orang terkenal, coba pikirkan dua hal ini. Pertama, apa tiga hal yang pertama kali terlintas dalam pikirkan kita ketika memikirkan orang ini? Dari ketiga hal itu, setidaknya ada salah satu kualitas yang harus kita miliki hingga maut memisahkan.

Lalu, bagaimana jika memimpikan pernikahan dengan mantan kekasih?

Menikahi mantan kekasih bisa mengartikan bahwa kita masih memiliki masalah yang belum terselesaikan dengan mereka. Jadi, jangan lupa untuk menyelesaikan segala permasalahan sebelum memulai hubungan baru, ya!

4. Mimpi menikah dengan seseorang yang kita tidak tertarik

Mimpi menikah satu ini mungkin menjadi yang paling aneh. Biasanya, mimpi ini terjadi karena orang tersebut secara signifikan muncul di kehidupan kita atau bahkan sekedar muncul saja dalam ingatan.

Meski begitu, bukan berarti kita memiliki ketertarikan secara diam-diam dengan mereka, ya.

Mimpi menikahi seseorang yang tidak membuat kita menarik bisa jadi merupakan simbol pribadi tentang nilai-nilai yang mereka tunjukkan di kehidupan nyata.

Ilustrasi menikah (unsplash.com/Jeremy Wong Weddings)
Ilustrasi menikah (unsplash.com/Jeremy Wong Weddings)

5. Mimpi dilamar

Selain mimpi menikah, mimpi sedang dilamar juga menggambarkan sebuah komitmen. Loewenberg berpendapat bahwa mimpi ini menunjukkan bahwa kita tengah berada di titik yang berbeda dalam proses komitmen.

Jadi, mimpi lamaran ini mungkin berarti kalau sampai saat ini kita masih mencari tahu apakah kita ingin melibatkan diri dalam sesuatu itu dan menjalin komitmen.

Mimpi-mimpi ini justru dapat membantu pikiran kita menimbang pro dan kontra dari sebuah komitmen yang akan kita bangun dan juga mengatasi berbagai kecemasan dan ketakutan yang muncul karenanya.

6. Mimpi pernikahan orang lain

Kadang kala di mimpi pernikahan itu kita tidak berperan sebagai pengantin, melainkan tamu undangan atau pengamat saja.

Situasi ini mungkin menggambarkan beberapa hal dalam kehidupan nyata di mana kita tidak berpartisipasi aktif, namun tetap terus memikirkan bagian itu. Misalnya, masalah yang berkaitan dengan teman atau keluarga.

Itulah tadi beberapa arti mimpi menikah yang mungkin sangat membuatmu penasaran. Jadi, bagaimana menurutmu?

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar