alexametrics

Pakaian Putih Kamu Kusam dan Menguning? Simak Cara Merawatnya

Bimo Aria Fundrika
Pakaian Putih Kamu Kusam dan Menguning? Simak Cara Merawatnya
Ilustrasi pakaian putih. (Unsplash/Charisse K)

Pakaian putih memang sangat rentan terhadap perubahan warna, apalagi jika digunakan terlalu sering dan tak langsung dicuci.

Suara.com - Resah dengan pakaian putih yang cepat kusam, abu -abu dan menguning? Jangan khawatir kamu bisa mengembalikan kecerahan pakaian putih  dengan beberapa teknik sederhana.

Pakaian putih memang sangat rentan terhadap perubahan warna, apalagi jika digunakan terlalu sering dan tak langsung dicuci. Hal itu akan membuat pakaian putih terlihat cepat menguning. 

Terlebih lagi jika kamu mencucinya secara besamaan dengan pakaian berwarnanya gelap menggunakan mesin cuci, risiko luntur dan menempel di pakaian putih tersebut akan lebih besar.

Ilustrasi pakaian putih. (Unsplash/Sylvie T)
Ilustrasi pakaian putih. (Unsplash/Sylvie T)

Itulah sebabnya pakaian putih harus langsung dicuci setelah digunakan dan tidak boleh dicampur dengan warna yang lebih gelap. 

Baca Juga: Tolak Pemecatan Novel Baswedan Dkk, BEM SI Geruduk KPK

Sementara pemutih klorin dapat membantu membersihkan pakaian putih, tapi itu bukan satu - satunya cara yang dapat dilakukan. Merangkum dari The Sprucce, berikut teknik membersihkan dan merawat pakaian putih : 

Peralatan

  • Mesin cuci atau bak plastik besar untuk mencuci pakai tangan
  • Pengering, jemuran luar ruangan, rak jemuran
  • Setrika (opsional)

Bahan

  • Deterjen
  • Penghilang noda berbasis oksigen
  • Baking soda (opsional)
  • Cuka putih (opsional)
  • Borak (opsional) 

Cara mencuci :

1. Pisahkan pakaian putih 

Baca Juga: Massa BEM SI dan Aparat Kepolisian Saling Dorong di Dekat Gedung KPK, Ada yang Terjatuh

Pertama, untuk menjaga pakaian putih agar tetap putih yaitu memilah cucian kotor dengan hati - hati. Mencuci pakaian putih secara tepisah, meminimalisir terjadinya luntur dan perpindahan warna dari pakaian yang berwarna yang dapat membuat kain putih terlihat kusam. 

Komentar