alexametrics

3 Tips agar Aglonema Cepat Bertunas, Ukuran Pot Ternyata Juga Penting

Rima Sekarani Imamun Nissa
3 Tips agar Aglonema Cepat Bertunas, Ukuran Pot Ternyata Juga Penting
Tanaman hias jenis aglonema. (Pixabay/PENEBAR)

Apa saja tips agar aglonema cepat bertunas? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Suara.com - Salah satu hal yang ditunggu pada tanaman aglonema adalah tumbuhnya tunas. Hal itu karena dengan begini, kamu tidak perlu membeli aglonema baru untuk memperbanyak koleksi. Nah, adakah tips agar aglonema cepat bertunas yang mudah diterapkan?

Meski terdengar susah, sebenarnya ada cara mudah membuat aglonema cepat bertunas. Dilansir dari kanal YouTube Hobi Bunga, berikut tiga langkah mudah membuat aglonema cepat bertunas.

1. Penyiraman secukupnya

Aglonema merupakan salah satu tanaman hias yang tidak memerlukan banyak air untuk pertumbuhan. Tanaman satu ini cukup disiram kira-kira tiga hari sekali atau ketika media tanam sudah cukup kering.

Baca Juga: Catat! Tips Mendapatkan Keuntungan dari Tanaman Hias Ala Maudy Koesnaedi

Tanaman hias Aglonema di Pekalongan Lampung Timur [Antara/Hisar Sitanggang]
Tanaman hias Aglonema di Pekalongan Lampung Timur [Antara/Hisar Sitanggang]

Aglonema yang disiram secara berlebihan justru akan membuang nutrisi yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak menyiramnya saat kondisi media tanam masih basah.

2. Pemupukan

Pemupukan aglonema paling tepat dilakukan dengan pupuk daun setiap dua minggu sekali. Caranya, larutkan dua gram pupuk daun dengan satu liter air, kemudian siramkan larutan pupuk daun secukupnya di media tanam aglonema tepatnya bagian akar, bonggol dan batang.

Beberapa pupuk aglonema yang bisa kamu jadikan pilihan di antaranya growmore, dekastar, dan gandasil D. Sementara itu, hindari penggunaan pupuk NPK 16-16-16 karena sifat mereka yang cukup panas.

3. Pemilihan ukuran pot

Baca Juga: Tertarik Geluti Usaha Agrobisnis Tanaman Hias? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Meskipun terkenal sederhana, pemilihan pot pada aglonema akan sangat mempengaruhi proses pertumbuhan.
Apabila ukuran aglonema masih kecil, tempatkan di pot kecil karena penggunaan pot terlalu besar dapat membuat aglonema sulit bertunas. Namun, apabila aglonema sudah cukup besar, pindahkan aglonema ke pot yang lebih besar.

Infografis tanaman hias. (Suara.com/Rochmat)
Infografis tanaman hias. (Suara.com/Rochmat)

Aglonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cocok disimpan di luar maupun di dalam ruangan. Warna daunnya yang merah merona tentu akan mempercantik sekaligus menyegarkan lingkungan rumah.

Cara mempercepat pertumbuhan tunas aglonema cukup mudah, hanya saja dibutuhan rutinitas dan konsistensi melakukannya.

Jadi, coba lakukan langkah-langkah di atas secara konsisten setidaknya selama kurang lebih satu bulan untuk melihat hasil akhirnya.

Demikian informasi mengenai cara mudah mempercepat pertumbuhan tunas aglonema. Setelah mendapatkan tunas yang kamu inginkan, jangan lupa untuk merawatnya dan memindahkannya ke pot baru. Semoga tips agar aglonema cepat bertunas di atas bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar