alexametrics

4 Penyebab Kucing Kehilangan Nafsu Makan, Ternyata Tak Melulu karena Sedang Sakit

Arendya Nariswari
4 Penyebab Kucing Kehilangan Nafsu Makan, Ternyata Tak Melulu karena Sedang Sakit
Ilustrasi kucing (Elements Envato)

Terkadang kucing yang sehat bisa kehilangan nafsu makan karena beberapa hal, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Suara.com - Apakah kucingmu mendadak kehilangan nafsu makan? Meski dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan yang suka pilih-pilih makanan, tapi akan jadi sangat mengherankan apabila kucing mendadak kehilangan nafsu makan.  Tak jarang timbul juga pertanyaan apa penyebab kucing kehilangan nafsu makan padahal kondisi tubuhnya sedang sehat?

Sebagai seorang pemilik, tentu rasa khawatir timbul akan hal ini. Apalagi, ada berbagai alasan yang ternyata bisa menjadi penyebabnya.

Dilansir dari laman Love to Know, Rabu (29/9/2021), berikut 4 penyebab kucing kehilangan nafsu makan.

1. Makanan sudah lama atau basi

Baca Juga: 5 Makanan Populer di Singapura yang Wajib Dicoba!

Seperti halnya manusia, kucing juga menyukai makanan yang masih fresh dengan rasanya yang enak. Jadi, merupakan hal yang wajar apabila kucing mendadak kehilangan nafsu makan karena makanan yang mereka terima sudah lama atau basi.

Supaya tidak cepat basi, cobalah untuk menyimpan persediaan makanan mereka di tempat yang sejuk dan kering dan hindari untuk menyetok makanan terlalu banyak.

2. Masalah mangkuk

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih mangkuk makan untuk kucing adalah bahannya.

Jika pemilihan tidak dilakukan dengan tepat, bahkan kucing bisa alergi dengan mangkuk yang mereka miliki. Hindari pemberian makanan dengan mangkuk logam atau plastik.

Baca Juga: Kehilangan Indra Perasa akibat Covid-19, Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi!

3. Makanan terlalu dingin

Saat memberikan makan kepada kucing, pastikan makanan tersebut hangat, atau setidaknya memiliki suhu ruangan.

Apabila ingin memberikan makanan kucing kalengan yang baru saja keluar dari kulkas, coba diamkan terlebih dulu makanan itu sampai memiliki suhu kamar atau beri tambahan air hangat.

4. Bosan

Lagi-lagi, sama dengan manusia, kucing juga tidak bisa menikmati makanan yang sama terus menerus setiap harinya. Jadi, cobalah untuk mengganti makanan kucing beberapa hari sekali, supaya mereka tidak merasa bosan dan tetap memiliki nafsu makan yang tinggi.

Namun, penggantian makanan ini harus dilakukan secara bertahap. Pertama, campurkan makanan baru dengan makanan lama sedikit, lihat apakah ada masalah pencernaan yang muncul. Apabila tidak ada, berikan makanan baru itu kepada si anabul.

Demikian informasi mengenai 4 penyebab kucing mendadak kehilangan nafsu makan. Sebagai pemilik yang baik sebaiknya kita memahami ciri-ciri yang dialami si kucing sebelum akhirnya mereka benar-benar tidak mau makan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar