alexametrics

6 Manfaat Air Kelapa yang Menakjubkan untuk Kesehatan Tubuh

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Manfaat Air Kelapa yang Menakjubkan untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi air kelapa. [Shutterstock]

Apa saja manfaat air kelapa yang rasanya menyegarkan itu?

Suara.com - Air kelapa belakangan ini menjadi minuman yang cukup populer. Selain memiliki rasa manis dan menghidrasi secara alami, air kelapa sarat akan nutrisi penting, termasuk mineral untuk tubuh. Tak heran jika manfaaat air kelapa juga terbilang banyak.

Simak 6 manfaat air kelapa untuk kesehatan yang dilansir dari Healthline berikut ini.

1. Sumber Nutrisi yang Baik

Kelapa tumbuh di iklim tropis dengan nama ilmiah Cocos nucifera. Air kelapa adalah cairan yang ditemukan dalam buah kelapa muda dan sumber alami dari beberapa mineral penting

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Sehat untuk Mata dan Jantung

Air Kelapa. (Unsplash @markuswinkler)
Air Kelapa. (Unsplash @markuswinkler)

Air kelapa mengandung 94% air dan kandungan lemak sangat sedikit. Satu cangkir air kelapa atau sekitar 240 ml mengandung 60 kalori serta beberapa hal sebagai berikut:

  • Karbohidrat: 15 gram
  • Gula pasir: 8 gram
  • Kalsium: 4% dari nilai harian
  • Magnesium: 4% dari nilai harian
  • Fosfor: 2% dari nilai harian
  • Kalium: 15% dari nilai harian

2. Membantu Menurunkan Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah sumber magnesium untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes.

Diketahui bahwa air kelapa mengandung karbohidrat (yang dipecah menjadi gula dalam tubuh). Jadi jika kamu memiliki riwayat diabetes atau pradiabetes, konsultasi dengan dokter atau ahli diet sebelum menambahkan air kepala ke dalam menu diet.

3. Dapat Membantu Mencegah Batu Ginjal

Baca Juga: Begini Gejala-gejala Penyakit Jantung yang Sering Dikira Maag

Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Selain air putih, ada studi yang menunjukkan bahwa kandungan air kelapa mungkin lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung dan mengkristal dalam urin. Kristal-kristal ini kemudian membentuk batu-batu kecil.

Dalam sebuah penelitian tahun 2018, ditemukan bahwa air kelapa meningkatkan buang air kecil dengan membantu mencegah kristal dan pembentukan batu sehingga kemungkinan batu ginjal menjadi rendah.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Studi tahun 2005 menunjukkan manfaat air kelapa baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Salah satu alasan air kelapa dikaitkan dengan penurunan tekanan darah adalah kandungan potasium yang baik (500 mg potasium dalam 8 ons). Kandungan kalium juga terbukti menurunkan tekanan darah tinggi atau normal.

Ilustrasi kesehatan jantung perempuan. (Shutterstock)
Ilustrasi kesehatan jantung. (Shutterstock)

5. Memulihkan Kondisi Tubuh

Air kelapa dapat menjadi minuman sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi elektrolit yang hilang selama beraktivitas. Beberapa penelitian membuktikan air kelapa mungkin lebih bermanfaat dari air putih untuk mengembalikan hidrasi setelah berolahraga. Hal ini membuktikan manfaat air kelapa sebanding dengan minuman untuk olahraga.

Elektrolit seperti mineral, kalium, magnesium, natrium, dan kalsium yang berperan penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat.

6. Sumber Hidrasi Tubuh yang Lezat

Air kelapa alami sedikit manis serta cukup rendah kalori dan karbohidrat. Air kelapa segar diminum langsung dari buahnya, namun kini telah banyak merek air kelapa kemasan yang bisa kamu di rak-rak hari ini.

Pastikan cermati ingredients pada air kelapa kemasan untuk meyakinkan bahwa kamu mendapatkan 100% air kelapa. Hindari merek air kelapa kemasan dengan tambahan gula, pemanis, atau perasa.

Kamu bisa menikmati manfaat air kelapa sebagai bahan dasar untuk smoothies, biji chia puding atau pengganti air biasa kapanpun saat menginginkan sedikit rasa manis alami.

Air kelapa adalah minuman alami yang lezat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika ingin menjadikan air kelapa sebagai pengobatan alami, pastikan untuk konsultasi kepada dokter masing-masing.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar