alexametrics

Terungkap! Rahasia Para Koki Hong Kong di Restoran Peraih Bintang Michelin

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Terungkap! Rahasia Para Koki Hong Kong di Restoran Peraih Bintang Michelin
Rahasia di balik kuliner Hong Kong yang menggoyang lidah. (Dok. Hong Kong Tourism Board)

Selain kehidupan malamnya dan aneka pusat perbelanjaan, Hong Kong juga terkenal dengan aneka kuliner yang memanjakan lidah wisatawan lokal dan mancanegara.

Suara.com - Selain kehidupan malamnya dan aneka pusat perbelanjaan, Hong Kong juga terkenal dengan aneka kuliner yang memanjakan lidah wisatawan lokal dan mancanegara.

Rahasia di balik kuliner Hong Kong yang menggoyang lidah, tidak lepas dari peran para koki yang punya kiat dan cara tersendiri memilih dan mengolah bahan makanan hingga menciptakan rasa yang unik.

Hal ini dibenakan Danny Yip dan Chairman, pemilik sekaligus koki restoran Kanton yang berhasil menyabit bintang satu Michelin, yang mengungkap rahasia para koki Hong Kong dalam menyajikan olahan masakan bercitarasa tinggi, sebagaimana keterangan Hong Kong Tourism Bord kepada suara.com, Kamis (14/10/2021).

1. Bahan segar di Aberdeen Seafood Market

Baca Juga: Sepinya Hong Kong saat Siaga Badai Kompasu

“Ketika kita menjelajahi suatu area Hong Kong dengan berjalan kaki, kita dapat merasakan hiruk pikuk kota dan melihat apa yang ada di antara tempat-tempat wisata. Sering kali, di antaranya terdapat hidden gems yang seringkali membuat siapa saja terkesan,” ujar Danny Yip.

Rahasia di balik kuliner Hong Kong yang menggoyang lidah. (Dok. Hong Kong Tourism Board)
Rahasia di balik kuliner Hong Kong yang menggoyang lidah. (Dok. Hong Kong Tourism Board)

Yip dan Chairman mengutamakan kesegaran dari bahan-bahan lokal. Hal ini menjadi salah satu ciri khas dari masakan Kanton. Itu sebabnya Yip merekomendasikan Pasar Seafood Aberdeen sebagai perhentian pertama.

Pasar ini adalah satu-satunya pasar ikan grosir di Hong Kong yang sudah buka sebelum subuh. Mereka menjual kerapu yang baru ditangkap, kerang bambu, lobster, dan ikan laut dengan harga terjangkau.

Chairman mengirim seorang mantan nelayan ke sini setiap hari pada pukul 05:30 pagi untuk memilih langsung bahan makanan laut yang segar.

Langkah awal ini membantu mewujudkan hidangan khas Chairman, yaitu rajungan kukus dengan anggur Shaoxing tua dan minyak ayam. Mengukus adalah teknik memasak klasik ala Kanton untuk mempertahankan rasa segar kepiting.

Baca Juga: Perancang Tugu Tiananmen Hong Kong Sewa Pengacara untuk Selamatkan Karyanya

Untuk lebih meningkatkan kualitas hidangan, Chairman menyiapkan kaldu kerang dengan cara dikukus secara spesial untuk memberikan cita rasa umami yang lebih dalam. Idenya adalah untuk memasangkan hidangan seafood dengan seafood.

Komentar