alexametrics

4 Manfaat Sit Up yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bisa Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Arendya Nariswari
4 Manfaat Sit Up yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bisa Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Tak sekedar mengencangkan otot, simak 4 manfaat sit up yang mungkin belum pernah Anda ketahui.

Suara.com - Manfaat sit up antara lain termasuk memperkuat otot-otot inti Anda dan membangun otot perut Anda. Selain bermanfaat dalam sisi kesehatan, sit up juga merupakan olahraga tanpa biaya sehingga tidak akan menguras keuangan kita terlalu banyak.

Kita tidak perlu pergi ke gym yang berarti tidak dikenakan biaya sewa tempat dan peralatan. Kita hanya perlu mengalokasikan waktu dan usaha keras untuk merasakan manfaat nyata dari sit up, antara lain: 

  1. Penguatan otot inti
  2. Meningkatkan Fleksibilitas dan Rentang Gerak
  3. Memperbaiki Postur
  4. Mengurangi Risiko Sakit Punggung atau Cedera

1. Penguatan Otot Inti

Manfaat sit up yang pertama yaitu penguatan otot inti yang dapat diperoleh karena Sit up adalah latihan berat badan yang efektif untuk tujuan tersebut.

Baca Juga: Nenek Berkebaya Ini Masih Kuat Olahraga di Gym, Aksinya Bikin Warganet Melongo

Sit up tidak bergantung pada apapun kecuali berat tubuh Anda sendiri. Selama melakukan sit up, Anda juga meningkatkan stamina dengan mengencangkan otot-otot Anda dan memperkuat otot-otot inti dan punggung Anda, yang juga membantu menstabilkan tubuh Anda, dan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh. 

2. Meningkatkan Fleksibilitas dan Rentang Gerak

Manfaat sit up kedua yang bisa diperoleh setelah kekuatan inti kita stabil ialah dapat dipastikan kita akan memiliki stabilitas dan fleksibilitas selama bergerak.

Hal itu tentunya akan membuat kita menjadi lebih ringan dalam bergerak, terutama di pinggul dan punggung Anda. Jika dua bagian itu sehat, kita menjadi lebih lancar dalam beraktifitas. Peningkatan fleksibilitas juga dapat membantu mencegah otot cedera dan cedera-cedera lainnya. 
 
3. Memperbaiki Postur Tubuh

Latihan sit up, juga bagus untuk memperbaiki postur tubuh karena Anda tidak menggunakan peralatan. Ketika otot inti menjadi lebih kuat, ini memungkinkan Anda untuk secara alami memperbaiki postur tubuh Anda.

Baca Juga: Tiga Minggu Pemulihan Cedera, Eks Man City Habiskan Waktu Nonton Film Porno

Ketika otot inti menjadi lebih kuat dan lebih kencang, mereka memaksa tubuh untuk menyusun dirinya dengan cara yang lebih kuat.

Dengan mengencangkan otot inti Anda, punggung Anda dapat secara alami meluruskan diri, sehingga memperbaiki postur tubuh Anda yang selama ini melengkung.

Memiliki postur tubuh yang baik juga dapat membantu mencegah cedera di masa depan. Soalnya kita memiliki otot yang kuat untuk menahan beban dan menjaga tulang terlindungi. Postur tubuh yang baik dapat memiliki efek jangka panjang yang positif pada tubuh Anda, dan juga membantu meningkatkan kepercayaan diri.

4. Mengurangi Risiko Sakit Punggung atau Cedera

Sit up memperkuat otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul bersama dengan perut Anda. Ini membantu otot-otot ini bekerja sama untuk menstabilkan tubuh Anda, yang juga akan melindungi Anda dari cedera.

Otot inti yang kuat membantu meringankan sakit punggung, mengurangi kejang otot, dan melindungi punggung Anda dari cedera, terutama ketika postur tubuh Anda membaik. Sit up juga efektif bagi siapa saja yang ingin melatih fleksor perut dan pinggul mereka.

Fleksor panggul adalah bagian stabilisator penting yang membantu Anda membungkuk dan berputar, yang berperan penting dalam aktivitas harian Anda.  Jadi, pastikan Anda melakukan latihan ini dengan benar. 

Demikian manfaat sit up yang bisa Anda kerjakan di rumah. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Komentar