alexametrics

5 Manfaat Daun Seledri sebagai Menu Tambahan Diet Harian

Arendya Nariswari
5 Manfaat Daun Seledri sebagai Menu Tambahan Diet Harian
Daun seledri (pixabay)

Kandungannya baik untuk tubuh, simak 5 manfaat daun seledri sebagai menu tambahan diet harian berikut.

Suara.com - Hanya dengan 10 kalori per batang, daun seledri sudah lama dianggap sebagai “makanan dietrendah kalori. Seledri yang renyah ini sebenarnya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mungkin mengejutkan. Melansir dari laman Healthline, Selasa (19/10/2021), berikut manfaat daun seledri bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Seledri

Berdasarkan Medical News Today, Selasa (19/10/2021), seledri terdiri dari air dan serat makanan. Nah, 0,1 gram serat ini terkandung pada satu batang seledri 4 inci dan juga beratnya kurang lebih 4 gram.

Selain apigenin dan luteolin, seledri mengandung senyawa tanaman lain yang memiliki sifat antioksidan kuat. Antioksidan dari berbagai jenis membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul tidak stabil atau radikal bebas.

Baca Juga: Sayuran Ini Bisa Bikin Keracunan Jika Salah Konsumsi

Sebatang seledri juga mengandung sejumlah kecil vitamin K, folat, vitamin A, kalium, dan vitamin C.

Manfaat Daun Seledri

1. Seledri merupakan sumber antioksidan yang penting

Antioksidan melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari kerusakan oksidatif. Seledri mengandung vitamin C, beta karoten, dan flavonoid, serta ada 12 jenis nutrisi antioksidan tambahan yang ditemukan dalam satu tangkai seledri.

Daun seledri juga merupakan sumber fitonutrien yang luar biasa, yang telah terbukti mengurangi peradangan di saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ.

Baca Juga: Berkebun, yuk! 9 Jenis Tanaman Sayur yang Bisa Ditanam di Rumah

2. Seledri mengurangi peradangan

Peradangan kronis telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk radang sendi dan osteoporosis. Seledri dan biji seledri memiliki kurang lebih 25 senyawa anti inflamasi yang dapat memberikan perlindungan terhadap peradangan di dalam tubuh.

3. Seledri mendukung sistem pencernaan

Tahukah Anda, bahwa 5 gram serat makanan terkandung dalam satu cangkir batang seledri? Nutrisi antioksidan dan anti-inflamasinya menawarkan perlindungan ke seluruh saluran pencernaan, seledri mungkin menawarkan manfaat khusus untuk perut.

Kandungan air seledri yang tinggi - hampir 95 persen - ditambah serat larut dan tidak larut dalam jumlah banyak. Semua itu mendukung saluran pencernaan yang sehat dan membuat Anda tetap teratur BAB.

4. Seledri kaya akan vitamin dan mineral dengan indeks glikemik yang rendah

Tak hanya itu saja, mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh dengan indeks glikemik rendah terandung dalam seledri.

Anda akan menikmati vitamin A, K, dan C, ditambah mineral seperti potasium dan folat saat Anda makan seledri. Manfaat daun seledri juga rendah natrium. Ditambah dengan rendahnya indeks glikemik, yang berarti memiliki efek lambat dan stabil pada kadar gula darah Anda.

5. Seledri memiliki efek alkalizing

Dengan mineral seperti magnesium, zat besi, dan natrium, seledri memiliki efek menetralkan makanan asam serta diperlukan untuk fungsi tubuh yang penting.

Selain banyak manfaat kesehatannya, seledri adalah sayuran serbaguna Anda bisa memakannya mentah atau dimasak. Manfaat daun seledri juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk smoothie, tumis, sup, dan jus. Seledri juga bisa dikukus atau dipanggang.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar