alexametrics

7 Manfaat Bekam yang Mengejutkan untuk Kesehatan Tubuh

Arendya Nariswari
7 Manfaat Bekam yang Mengejutkan untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi bekam. (Elements Envato)

Ringankan masalah sinus hingga melepas racun dalam tubuh, simak 7 manfaat bekam berikut ini.

Suara.com - Bekam adalah pengobatan tradisional yang aman dalam membantu mengatasi ketegangan otot kronis dan nyeri lebih cepat daripada terapi pijat saja.

Banyak orang menemukan kembali manfaat bekam dengan lingkaran merah di punggung dan bahu. Selain meredakan nyeri otot kronis, ternyata manfaat bekam dapat digunakan untuk mengobati banyak keluhan lainnya. Simak ulasan selengkapnya seperti dilansir dari laman Resolution, Selasa (19/10/2021).

1. Bekam meningkatkan sirkulasi

Bekam meningkatkan sirkulasi ke area di mana ia ditempatkan. Aliran darah tambahan ke area itu dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan perbaikan sel. Meningkatkan sirkulasi dengan bekam juga membantu mengurangi munculnya selulit.

Baca Juga: Dibanding Ikuti Tren Diet, Khloe Kardashian Pilih Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

2. Bekam mendorong jaringan tubuh untuk melepaskan racun

Ya, Anda memiliki organ yang mengeluarkan racun dari darah.

Namun tak jarang, racun dalam tubuh muncul akibat gaya hidup modern yang kurang menyehatkan. Dalam hal ini bekam memberi tubuh dorongan dalam melepaskan racun-racun itu.

Aliran darah berfokus membantu tubuh dengan membuang racun yang menumpuk melalui sistem limfatik. Sistem limfatik bertanggung jawab untuk menghilangkan racun dan limbah dari tubuh Anda.

3. Bekam mengurangi kecemasan

Baca Juga: 4 Kebiasaan Sederhana yang Justru Memicu untuk Berperilaku Konsumtif

Ketika terapis Anda menggeser bekam di kulit Anda, sistem saraf parasimpatis Anda terlibat. Cara ini mendorong relaksasi yang mendalam untuk bergerak ke seluruh tubuh.

Aktivitas usus, kelenjar, pencernaan, hingga perlambatan detak jantung ini merupakan tanggung jawab dari sistem saraf parasimpatis.

4. Bekam diklaim mampu kurangi bekas luka dan juga stretch mark

Peningkatan aliran darah memungkinkan tubuh untuk membuang racun, memulihkan sirkulasi limfatik, dan membantu menghilangkan edema (kelebihan cairan) untuk mengurangi munculnya jaringan parut. Penelitian telah menunjukkan efek positif bekam pada stretch mark dan bekas luka bahkan di area yang jauh dari area bekam.

5. Bekam dapat memperbaiki varises dan spider veins

Berikutnya, ternyata bekam diklaim mampu mengangkut oksigen dan darah segar ke area bermasalah di dalam tubuh.

Anda akan melihat varises Anda tampak lebih ringan setelah sesi pertama pembekaman. Meskipun hal ini akan membutuhkan serangkaian sesi bekam untuk hasil yang bertahan lama.

6. Bekam dapat memperlancar sistem pernapasan

Selanjutnya, bekam juka disebut mampu meringankan atau mengobati penumpukan cairan atau dahak di paru-paru yang disebabkan oleh pilek, asma, hingga bronkitis.

Ternyata, getah bening dan darah yang kaya oksigen ini akan terbawa ke paru-paru dan otot pernapasan lain di tubuh berkat bantuan bekam.

Cangkir bekam biasanya diletakkan di punggung, tetapi mungkin juga diletakkan di dada Anda. Terapis mungkin dengan lembut menggesernya ke bagian dada atas untuk memfasilitasi pergerakan cairan getah bening.

Selain itu, sumbatan pada penderita sinus juga diklaim dapat terbuka jika seseorang melakukan bekam wajah.

7. Bekam dapat membersihkan penyumbatan usus besar dan membantu pencernaan

Bekam melibatkan sistem saraf parasimpatis, yang meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan. Bekam lembut di atas perut juga merangsang bagian dalam organ pencernaan Anda.

Manfaat bekam ini membantu peristaltik (kontraksi yang mendorong makanan melalui saluran pencernaan), membantu membersihkan penyumbatan usus besar, mendorong darah dan cairan tubuh untuk bergerak melalui organ, dan membantu meringankan gangguan pencernaan.

Itulah beberapa manfaat bekam yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat bekam meningkat seiring waktu jika memilih terapis bekam yang tersertifikasi dengan teknik bekam yang aman dan efektif

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar