alexametrics

7 Manfaat Madu Hitam, Termasuk Meningkatkan Vitalitas Pria Dewasa

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Manfaat Madu Hitam, Termasuk Meningkatkan Vitalitas Pria Dewasa
Ilustasi madu hitam. (Shutterstock)

Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga vitalitas pria, berikut beberapa manfaat madu hitam untuk kesehatan.

Suara.com - Kendati dikenal dengan rasanya yang lebih pahit dari jenis madu lain, madu hitam nyatanya punya banyak manfaat kesehatan. Tahukah Anda apa saja manfaat madu hitam tersebut?

Senyawa alkaloid yang menyebabkan rasa pahit pada madu hitam rupanya justru membawa beragam zat kimia yang dibutuhkan tubuh seperti flavonoid serta saponin.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat madu hitam untuk kesehatan tubuh.

Menurunkan kadar gula darah

Baca Juga: Kemenkes: 95,5 Persen Orang Indonesia Jalani Diet Tidak Sehat

Kandungan glukosa yang rendah pada madu hitam dikenal mampu membantu menurunkan kadar gula darah, khususnya pada penderita diabetes. Di samping itu, madu pahit ini mampu mengurangi frekuensi buang air kecil di malam hari.

Ilustrasi madu hitam. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi madu hitam. (Pixabay/Free-Photos)

Mengatasi gangguan sistem pencernaan

Madu hitam dikenal mampu menetralkan kadar asam lambung sehingga permasalahan pada sistem pencernaan pun dapat dicegah.

Tidak hanya itu, beragam penyakit pada lambung seperti gastritis juga bisa dicegah dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin.

Mempercepat penyembuhan luka

Baca Juga: Cara Membuat Masker Lidah Buaya Pakai 10 Resep Ramuan 'Rahasia'

Luka pada kulit, khususnya luka bakar, dapat disembuhkan lebih cepat dengan mengoleskan madu hitam.

Sebuah penelitian telah mengamati bahwa pemeriksaan mikroskopis terhadap jaringan luka yang diberi madu hitam pada kulit tikus terbukti sembuh dalam waktu lima hari.

Atasi nyeri sendi

Sifat detoksifikasi pada madu hitam berfungsi untuk meredakan nyeri sendi akibat asam urat. Cara kerja madu hitam sebagai pereda nyeri sendi adalah menetralkan zat purin sehingga dapat dengan mudah terurai, lalu dikeluarkan oleh ginjal.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu antioksidan pada madu hitam, yakni femolat, dikenal mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sangat kita perlukan saat ini.

Selain itu, dengan adanya sifat anti inflamasi, madu hitam juga bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan beragam jenis penyakit.

Meningkatkan vitalitas

Zat afrodisiak pada madu hitam berfungsi untuk meningkatkan stamina serta vitalitas secara alami. Selain itu, mengonsumsi madu hitam pahit ini juga mampu menurunkan potensi impoten yang mungkin diderita pria dewasa.

Menjaga berat badan

Madu hitam sering digunakan sebagai salah satu menu dalam menjalankan program diet. Madu ini dapat mengubah kadar kolesterol berlebih menjadi energi.

Meski begitu, program diet tetap harus disertai dengan makan makanan sehat serta olahraga teratur.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat madu hitam yang rasanya cenderung pahit. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar