7 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh, Diklaim Bantu Cegah Alzheimer

Arendya Nariswari

Rabu, 20 Oktober 2021 | 11:26 WIB
7 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh, Diklaim Bantu Cegah Alzheimer

Suara.com - Apel telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan beberapa jenis kanker. Berkat manfaat buah apel, ada ungkapan “sebuah apel sehari membantu menjauhkan Anda dari dokter”. Dilansir dari laman Everyday Health, Rabu (20/10/2021), simak manfaat buah apel yang bagus untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Apel

Apel berukuran sedang menjadi sumber serat yang baik, mengandung 4,4 gram serat, mencakup 16% dari nilai harian (Daily Value). Apel menawarkan 8,4 miligram vitamin C, dan menyediakan lebih dari 9% DV bersama dengan sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya.

Manfaat buah apel adalah pilihan terbaik meskipun nutrisi dan antioksidan kandungan akan sedikit berbeda dari satu apel dengan apel yang lain.

1. Apel Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi dan Tekanan Darah

Studi telah menghubungkan konsumsi apel dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, karena manfaat buah apel sebagai penurun kolesterol dari serat larut.

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa menyantap pir atau apel secara rutin, mampu menurunkan risiko stroke hingga 52 persen.

Penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan dua apel sehari membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

2. Makanan Berserat yang Dapat Membantu Pencernaan

baca juga

Apel mengandung serat larut dan tidak larut, yang tidak dapat diserap dalam air penting untuk pencernaan. Serat larut membuat Anda merasa kenyang dan juga memperlambat pencernaan glukosa untuk mengontrol gula darah Anda.

Sementara itu, serat tidak larut dapat membantu mengatasi sembelit dan BAB jadi teratur. Selain daging apel, pastikan untuk memakan kulit apel, yang mengandung banyak serat tidak larut dalam apel.

3. Apel Bisa Menunjang Daya Tahan Tubuh

Apel mungkin bisa menjadi pendukung kekebalan tubuh. Manfaat buah apel untuk meningkatkan kekebalan ini berkat vitamin C yang meningkatkan kekebalan.

Dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa vitamin C berperan dalam membantu fungsi sistem kekebalan tubuh, seperti dengan memperkuat penghalang epitel (sejenis jaringan) terhadap patogen dan menjaga terhadap stres oksidatif lingkungan, seperti polusi hingga radiasi.

4. Apel Adalah Buah yang Aman untuk Diabetes

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Pandemi Covid-19: Banyak Perusahaan Naikkan Anggaran Layanan Kesehatan

Pandemi Covid-19: Banyak Perusahaan Naikkan Anggaran Layanan Kesehatan

Health | Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:38 WIB

7 Manfaat Madu Hitam, Termasuk Meningkatkan Vitalitas Pria Dewasa

7 Manfaat Madu Hitam, Termasuk Meningkatkan Vitalitas Pria Dewasa

Lifestyle | Rabu, 20 Oktober 2021 | 11:00 WIB

6 Manfaat Teh Hijau, Minum di Pagi Hari dan Rasakan Sendiri Khasiatnya

6 Manfaat Teh Hijau, Minum di Pagi Hari dan Rasakan Sendiri Khasiatnya

Lifestyle | Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Terkini

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:39 WIB

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:31 WIB

Tanggapi Insiden Tukang Cukur di Rancabungur, Bupati Bogor: Mari Bersama Maknai Kemerdekaan

Tanggapi Insiden Tukang Cukur di Rancabungur, Bupati Bogor: Mari Bersama Maknai Kemerdekaan

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:14 WIB

Cara Seru Jakarta Ajak Ratusan Pelajar Kenali Pariwisata Berkelanjutan

Cara Seru Jakarta Ajak Ratusan Pelajar Kenali Pariwisata Berkelanjutan

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Nekat Panjat Atap Hingga Bakar Dua Motor, Evakuasi Pria ODGJ di Cibadak Sukabumi Menegangkan

Nekat Panjat Atap Hingga Bakar Dua Motor, Evakuasi Pria ODGJ di Cibadak Sukabumi Menegangkan

Jabar | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:52 WIB

BRI Perluas Akses Pembiayaan KUR Petani di Bengkayang Guna Swasembada Pangan

BRI Perluas Akses Pembiayaan KUR Petani di Bengkayang Guna Swasembada Pangan

Bri | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:43 WIB

Retribusi Melempem, Benyamin Davnie Bentuk Perseroda 'Citra Anggrek Mandiri' Kelola Pasar Tangsel

Retribusi Melempem, Benyamin Davnie Bentuk Perseroda 'Citra Anggrek Mandiri' Kelola Pasar Tangsel

Banten | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:35 WIB

Geledah Jateng-Jatim, KPK Cari Bukti untuk Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Suap Pajak

Geledah Jateng-Jatim, KPK Cari Bukti untuk Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Suap Pajak

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:29 WIB

Bupati Brebes Temui Siswa Sespimmen Polri, Bahas Persoalan Pupuk Subsidi

Bupati Brebes Temui Siswa Sespimmen Polri, Bahas Persoalan Pupuk Subsidi

Jawa Tengah | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:28 WIB

Kembalikan Hak Pejalan Kaki, Pemkot Bandung Tertibkan Bangunan Liar di Jalan Rajawali

Kembalikan Hak Pejalan Kaki, Pemkot Bandung Tertibkan Bangunan Liar di Jalan Rajawali

Jabar | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:26 WIB

×