alexametrics

6 Manfaat Teh Hijau, Minum di Pagi Hari dan Rasakan Sendiri Khasiatnya

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Manfaat Teh Hijau, Minum di Pagi Hari dan Rasakan Sendiri Khasiatnya
Ilustrasi teh hijau. (Pixabay/apple deng)

Apa saja manfaat teh hijau yang baik dikonsumsi pada pagi hari? Yuk, simak penjelasannya!

Suara.com - Selain nikmat diminum pada pagi hari, teh hijau juga memiliki beragam manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Apakah Anda sudah tahu manfaat teh hijau yang jadi favorit banyak orang ini?

Kandungan antioksidan serta theanine pada teh hijau mampu meningkatkan risiko berkembangnya sel kanker hingga menjaga kesehatan mental.

Dilansir dari beragam sumber, berikut 6 manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Turunkan risiko kanker

Baca Juga: Makan Jamur Bisa Turunkan Risiko Depresi, Ini Temuan Peneliti

Senyawa aktif Epigallocatechin-3-gallate pada teh hijau diketahui ampuh membunuh beragam sel kanker, seperti kanker paru-paru dan payudara.

Teh hijau dan cokelat. (shutterstock)

Pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dipicu karena adanya sel-sel abnormal dalam tubuh yang jika dibiarkan akan menumpuk dan memicu terbentuknya tumor.

Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat teh hijau paling terkenal adalah menurunkan berat badan berlebih yang kini menjadi permasalahan bagi banyak orang.

Dengan minum teh hijau di pagi hari secara rutin, metabolisme tubuh akan meningkat sehingga akan ada lebih banyak kalori yang terbakar.

Baca Juga: Waspadai 6 Dampak Silent Treatment, Malah Bisa Merusak Hubungan Asmara

Menjaga kesehatan mental

Kandungan polifenol pada teh hijau dapat memberikan pasokan glukosa yang berguna sebagai antidepresan. Kandungan theanine dapat meredakan rasa cemas serta stres sehingga kesehatan mental dapat lebih terpelihara.

Meningkatkan kualitas tidur

Kandungan theanine pada daun teh juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur yang buruk.

Meskipun teh hijau juga memiliki kandungan kafein, kadarnya tidak lebih tinggi dari theanine sehingga tak akan meningkatkan efek kewaspadaan.

Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Sifat antibakteri pada teh hijau mampu mencegah perkembangan bakteri pada mulut yang memicu bau mulut tidak sedap.

Selain itu, teh hijau dapat mengurangi risiko terbentuknya plak gigi serta karies gigi. Tidak heran jika sampai saat ini teh hijau masih kerap dijadikan obat kumur tradisional.

Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat teh hijau adalah menurunkan tekanan darah dalam tubuh secara alami. Dengan mengonsumsi empat cangkir teh hijau setiap harinya, tekanan darah akan terjaga dan tetap stabil.

Demikian informasi mengenai manfaat teh hijau bagi kesehatan. Dengan minum teh hijau setiap harinya, khususnya di pagi hari, semoga kesehatanmu dapat terpelihara sehingga terhindar dari beragam penyakit.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar