alexametrics

7 Manfaat Jahe Merah, Tidak Hanya Nikmat tapi Juga Sehat

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Manfaat Jahe Merah, Tidak Hanya Nikmat tapi Juga Sehat
Pedagang menata jahe merah di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Rabu (4/3). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Apa saja manfaat jahe merah yang hangatnya terkenal menyehatkan?

Suara.com - Tidak hanya kerap dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, jahe merah memang dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan. Apa saja manfaat jahe merah yang mungkin belum Anda ketahui?

Bukan hal mengherankan bila sampai saat ini masih banyak penjual wedang jahe atau beragam obat-obatan herbal berbahan dasar jahe, khususnya jahe merah.

Kandungan gingerol, chlorogenic acid, capsaicin, aspartic, farnesol, hingga limonele dalam jahe merah memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan.

Baca Juga: Tak Kunjung Sukses Turunkan Berat Badan? Ivan Gunawan Ungkap Penyebab Gagal Diet

Pedagang menunjukkan jahe merah di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Rabu (4/3). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Pedagang menunjukkan jahe merah di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Rabu (4/3). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Mengatasi rematik

Jahe merah dapat dimanfaatkan sebagai obat alami pereda rematik. Cara menggunakannya, cukup rebus rimpang jahe merah dengan campuran temulawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey sampai mendidih. Setelah itu, minum air rebusannya dua kali sehari dengan campuran madu sesuai selera.

Mencegah masalah pencernaan

Sejak dulu, jahe merah memang dikenal sebagai obat mencegah masalah pencernaan. Perkembangan bakteri dalam sistem pencernaan dapat dicegah dengan ekstrak jahe merah sehingga kita bisa terhindar dari beragam jenis penyakit pencernaan seperti sakit perut.

Obat kuat

Baca Juga: Pakar Ungkap Tanaman Herbal yang Bisa Dipakai Terapi Pasien Covid-19

Jahe merah rupanya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan gairah seksual yang baik bagi pria, ketimbang harus mengonsumsi obat-obatan kimia.

Caranya, haluskan kemudian rebus 10 gram jahe merah dengan 10 gram biji kucai, 10 gram biji pare kering, 1 sendok teh gula merah, 15 butir merica, dan 2 gelas air. Tunggu sampai air mulai menyusut sampai setengahnya, kemudian minum selagi hangat.

Atasi nyeri haid

Salah satu permasalahan wanita saat datang bulan adalah nyeri haid berlebihan yang membuat tidak nyaman.

Dengan meminum campuran jahe merah dan madu, dipercaya nyeri haid dapat mereda. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan beragam krim oles yang juga berbahan dasar jahe merah.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kekebalan tubuh perlu selalu dipelihara untuk mencegah beragam penyakit menyerang tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi jahe merah.

Caranya, tumbuk jahe merah, temulawak, dan lempuyang wangi menjadi satu. Setelah itu, seduh dengan setengah gelas air panas dan tambahkan madu sebelum diminum. Untuk hasil maksimal, minum seduhan air jahe setidaknya dua kali sehari.

Menurunkan asam urat

Sebagaimana yang tertulis dalam laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), jahe merah termasuk dalam daftar tanaman herbal yang efektif menurunkan kadar asam urat.

Cara kerja jahe merah yakni dengan membuang tumpukan asam urat pada bagian sendi sehingga aliran darah dapat kembali normal.

Tidak hanya diminum, menurunkan asam urat dengan jahe merah juga dapat dikompres saja, secara rutin, sehari sekali.

Membantu program diet

Khasiat campuran jahe merah dengan madu memang tidak pernah ada habisnya, salah satunya yaitu melancarkan program diet menurunkan berat badan.

Ekstrak jahe merah dipercaya mampu memberikan efek kenyang lebih lama dan bagus untuk membantu membakar kalori dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar