alexametrics

5 Jenis Tanaman Hias Alocasia dengan Corak Daun Unik, Bikin Suasana Ruang Jadi Lebih Segar

Arendya Nariswari
5 Jenis Tanaman Hias Alocasia dengan Corak Daun Unik, Bikin Suasana Ruang Jadi Lebih Segar
Tanaman alocasia. (Pexels/Huy Phan)

Ingin mempercantik ruangan di rumahmu? Yuk simak referensi 5 jenis tanaman hias alocasia berikut ini.

Suara.com - Alocasia merupakan tanaman hias yang memiliki visual sangat indah. Tanaman yang berasal dari wilayah subtropis ini memiliki beragam jenis. Nah, berikut ini jenis tanaman hias alocasia yang menarik untuk diketahui para kolektor tanaman.

Diketahui, beberapa varian Alocasia mempunyai panjang daun yang mencapai 3 kaki panjangnya. Tanaman ini bisa menjadi salah satu tanaman hias yang akan membuat tampilan rumah terlihat semakin indah.

Setiap jenis atau varian alocasia memiliki sifat dasar serupa. Hanya saja, setiap jenis Alocasia memiliki perbedaan yang mencolok dalam ukuran, warna, dan bentuk daun. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini jenis-jenia alocasia dilansir dari laman smartgardenguide.com, Kamis (21/10/2021).

1. Alocasia Polly

Baca Juga: Teruji! Jenis Tanaman Hias Ini Ternyata Mampu Bantu Terapi Penyembuhan Pasien Covid-19

Salah satu jenis alocasia yang populer dan diincar para kolektor tanaman yaitu jenis alocasia Polly. Alocasia Polly ini memiliki ukuran daun yang besar, berwarna hijau tua dan memiliki bentuk seperti perisai atau panah. Alocasia jenis ini juga memiliki duan dengan tepi bergelombang yang dihiasi aksen putih tebal.

2. Alocasia Frydek

Tanaman Alocasia Frydek atau beludru hijau memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang mirip dengan Alocasia Polly. Hanya saja, alocasia frydek ini lebih sulit ditemukan dibandingkan alocasia Polly.  Untuk jenis alocasia Frydek ini, daun berwarna hijau tua yang dihiasi aksen putih, urat pada daunnya menonjol.

Tanaman alocasia. (Pixabay/Nur Kayat)
Tanaman alocasia. (Pixabay/Nur Kayat)

3. Alocasia Zebra

Alocasia zebrina memiliki bentuk seperti panah atau perisai. Hanya saja alocasia jenis ini tidak mempunyai aksen putih pada daunnya. Yang menarik dari alocasia jenis ini yaitu adanya jangkungan yang dihiasi tanda kuning dan hitam seperti zebra. Ukurannya daunnya juga cenderung tipis.

Baca Juga: 6 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia dan Contohnya

4. Alocasia Black Velvet

Jenis alocasia berikutnya yaitu black velvet atau beludru hitam. Alocasia jenis ini sangat indah. Daunnya berukuran tebal berbentuk hati dan berwarna hitam pekat. Alovasia jenis ini juga memiliki tekstur seperti beludru yang dihiasi aksen putih keperakan. Alocasia Black Velvet ini akan membuat rumah kamu menjadi lebih elegan.

5. Alocasia Dragon Scale

Dragon scale atau Skala Naga merupajan jenis Alocasia yang memiliki warna dedaunan hijau muda atau keperakan dengan aksen  hijau tua seperti sisik besar. Pada bagian bawah daunnya berwarna hijau muda yang dihasi aksen coklat kemerahan. 

Nah, itulah jenis-jenis alocasia yang menarik untuk diketahui oleh para kolektor tanaman. Alocasia bisa kamu masukan dalam daftar tanaman hias untuk mempercantik rumaumu
 

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar