alexametrics

Menggemaskan, Desain Hanbok Kain Baik dan Kebaya Hanbok di K-Festival Bikin Pangling!

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Menggemaskan, Desain Hanbok Kain Baik dan Kebaya Hanbok di K-Festival Bikin Pangling!
Kolaborasi Hanbok dengan kain Batik dari Indonesia. (Dok. KCC Indonesia)

Hanbok merupakan pakaian adat Korea Selatan yang terkenal dengan keindahan bentuknya. Bagaimana ya jadinya jika hanbok dikolaborasikan dengan kain batik dari Indonesia?

Suara.com - Hanbok merupakan pakaian adat Korea Selatan yang terkenal dengan keindahan bentuknya. Bagaimana ya jadinya jika hanbok dikolaborasikan dengan kain batik dari Indonesia?

Pertemuan desain kain batik dan hanbok ini dipersembahkan oleh Korea Cultural Center atau KCC Indonesia, sekaligus kolaborasi antara desainer Indonesia, Yunus Novita dan desainer Korea Selatan, Lee Hyo Jae.

Merayakan hubungan Indonesia dengan Korea Selatan diterapkan dalam keindahan fashion show desain hanbok kain batik, dalam ajang Korea Festival 2021 (K-Festival).

Fashion show hanbok kain batik ini ditampilkan dalam siaran langsung melalui kanal YouTube KCC Indonesia pada Jumat, 22 Oktober pukul 18.00 WIB esok hari.

Baca Juga: Klaim Batik dari Malaysia, Miss World Malaysia 2021 Minta Maaf

Tujuan dari acara ini adalah untuk mempromosikan pertukaran budaya Korea-Indonesia dengan memperkenalkan proses produksi busana Hanbok dan Batik, serta memperlihatkan keindahan busana tradisional kedua negara tersebut melalui penampilan panggung yang dimeriahkan oleh para model profesional.

Kolaborasi Hanbok dengan kain Batik dari Indonesia. (Dok. KCC Indonesia)
Kolaborasi Hanbok dengan kain Batik dari Indonesia. (Dok. KCC Indonesia)

Perlu diketahui bahwa tayangan fashion show ini dijalankan secara serentak di Korea dan Jakarta. Panggung juga runway telah dipersiapkan di Istana Chojeong, tempat peristirahatan raja yang terletak di kota Cheongju, Republik Korea.

Di sana, hanbok tradisional dan kolaborasi hanbok batik hasil rancangan desainer Hanbok Lee Hyo-jae akan diperagakan.

Sedangkan batik dan kolaborasi kebaya hanbok hasil rancangan desainer batik Indonesia Novita Yunus akan diperagakan di Jakarta dengan menggunakan latar belakang virtual istana Chojeong.

"Hanbok dan Batik adalah warisan budaya dan simbol yang melambangkan Korea dan Indonesia. Melalui acara kolaborasi Hanbok dan Batik ini, keindahan kedua busana akan bersatu padu di atas panggung," tutur Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae-sung, melalui keterangan yang diterima suara.com, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Resmi! MelOn Music Awards 2021 Dipastikan Akan Digelar Secara Online

Sebanyak 80 desain hanbok digelar dalam bentuk runway fashion show, dengan 20 di antaranya desain kolaborasi hanbok dan batik.

Komentar