alexametrics

Jenis Tanaman Media Air untuk Dekorasi Rumah yang Lebih Fresh dan Cantik

Arendya Nariswari
Jenis Tanaman Media Air untuk Dekorasi Rumah yang Lebih Fresh dan Cantik
Ilustrasi bunga teratai. (Pixabay/Mabel Amber)

Ingin suasana rumah lebih menyegarkan dan bikin betah, yuk lengkapi dengan jenis tanaman media air berikut ini.

Suara.com - Ada tanaman yang tumbuh di darat, ada juga tanaman lainnya yang dapat tumbuh di air.  Bicara soal tanaman media air, beberapa tanaman ada yang menghasilkan bunga berwarna-warni, namun ada juga yang hanya menghasilkan dedaunan.

Diketahui, tanaman air dapat ditempatkan di kolam atau media air lainnya yang ada di halaman. Perawatan tanaman seperti ini juga cenderung mudah. Ada yang membutuhkan  sinar matahari langsung, ada juga bisa bertahan walau tanpa paparan sinar matahari langsung.

Nah, bagi yang memeliharanya, berikut ini jenis-jenis tanaman media air yang akan membuat dekorasi rumah akan terlihat lebih elegan yang dilansir dari laman sciencing.com, Sabtu (23/10/2021).

1. Amazon Lily

Baca Juga: Takut Kena Sinar Matahari, Penampilan Ibu Ini saat Menyetir Mobil Jadi Sorotan

Bunga lili Amazon merupakan bunga berukuran sangat besar yang dapat ditanam di kolam besar atau media air lainnya. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna putih yang memudar menjadi merah muda, panjang sekitar inci, beraroma harum, dan daunnya dapat tumbuh mencapai 6 kaki. 

Anda bisa menempatkan bunga lili Amazon di tempat yang dapat terkena paparan sinar matahari langsung. Selain itu, pastikan media tanamnya memiliki banyak ruang untuk menyebar, karena tanaman ini dapat tumbuh melebar hingga 20 kaki.

2. Teratai

Bunga teratai banyak ditemukan di negara-negara Asia dan Amerika Serikat. Tanaman teratai memiliki ukuran yang cenderung besar. Daun dan bunganya memiliki ukuran lebarnya mencapai 2 hingga 6 kaki. Bunganya beraroma harum dengan kelopak berlapis-lapis. 

Tanaman teratai memiliki warna putih dan merah muda. Tanaman teratai juga kuat dan mampu bertahan hidup di musim dingin dengan tidak aktif di kolam. Saat musim semi tiba, mereka akan kembali mekar. Tanaman ini lebih menyukai sinar matahari penuh.

Baca Juga: Karangan Bunga Duka Cita Dibawa Ojol Siang Bolong, Warganet Ngakak Baca Tulisannya

3. Ekor kucing

Cattails atau tanaman ekor kucing tumbuh liar di sepanjang perairan dangkal seperti di kolam, danau, maupun sungai. Tanaman jenis ini menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi burung-burung kecil dan serangga. 

Tanaman ini juga memiliki kepala silindris yang berbulu dan berwarna coklat. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 9 kaki. Mereka lebih suka sinar matahari penuh dan dapat menyebar dengan cepat.

4. Eceng gondok

Eceng gondok mampu tumbuh di area air yang teduh. Tinggi tanaman ini mencapai 6 inci dan memiliki daun berwarna hijau cerah. Pada musim semi, eceng gondok menghasilkan bunga lavender pucat yang hanya bertahan satu hari. 

Untuk merangsang pertumbuhan, tanaman eceng gondok harus ditipiskan setiap tahun. Tanaman ini bisa menjadi alternatif tanaman hias dengan media tanam air, yang akan mempercantik dekorasi rumah.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis tanaman media air yang akan membuat dekorasi rumah terlihat lebih indah. 

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar