alexametrics

Mengenal Bunga Pukul Empat Lebih Dekat, Berikut 3 Fakta Unik yang Dimilikinya

Arendya Nariswari
Mengenal Bunga Pukul Empat Lebih Dekat, Berikut 3 Fakta Unik yang Dimilikinya
Bunga pukul empat atau Mirabilis Jalapa. (Pixabay/zimt2003)

Cantik nan unik, simak penjelasan dan fakta menarik tentang bunga pukul empat berikut ini.

Suara.com - Apakah Anda sudah tahu ada satu jenis bunga dengan nama Bunga Pukul Empat? Yap, mendengar namanya yang unik, mungkin Anda penasaran bagiamana rupa dari bunga ini. Namun yang mungkin tak Anda sadari, bahwa bunga ini sebenarnya sudah banyak ditanam di pekarangan, dan menghiasi banyak rumah di Indonesia.

Nama Lain Bunga Pukul Empat

Jika Anda tak mengetahui nama Bunga Pukul Empat, namun ada nama lain yang biasa digunakan. Misalnya saja seperti Mirabilis Jalapa, Four O’Clock, Sweet Marvel of Peru, atau Printoponite. Jika ditarik garis kekerabatan, bunga ini masih bersaudara dengan Nyctaginaceae.

Fakta Unik Bunga Pukul Empat

Baca Juga: Viral Pemotor Ngebut Bawa Papan Duka Cita Siang Bolong, Tulisannya Bikin Ngakak

1. Asal Nama yang Unik

Nama Bunga Pukul Empat mungkin terdengar unik di telinga. Asal namanya sendiri adalah Mirabilis Jalapa, yang berarti megagumkan dan merujuk pada daerah Jalapa di Guatemala. Sedangkan terjemahannya sendiri, mengacu pada waktu mekar dari bunga ini, yang benar-benar pukul 16.00 hingga 18.00.

2. Tanaman Musiman

Meski mudah diurus dan mudah berbunga, namun tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman musiman. Jika pada musim berbunga, bunganya benar-benar lebat dan meenyenangkan untuk dilihat. Tingginya variatif, antara 50 cm hingga 100 cm. Umumnya bunga ini mekar pada bulan Juli hingga Oktober, menjelang akhir tahun.

Bunga pukul empat atau Mirabilis Jalapa. (Pixabay/pdjch66)
Bunga pukul empat atau Mirabilis Jalapa. (Pixabay/pdjch66)

3. Bentuk Daun Bervariasi dan Kelopak Lekas Rontok

Baca Juga: Terkena PHK Karena Pandemi, Kisah Rudy yang Sukses Bisnis Tanaman Beromset Puluhan Juta

Uniknya tanaman ini memiliki variasi bentuk daun yang berbeda-beda. Dari mulai linier sempit, oval, hingga berbentuk hati. Untuk warnanya sendiri juga tak kalah menarik, dari hijau keabu-abuan hingga hijau tua. Anda juga bisa mendapati pinggiran daun yang berbulu, sehingga makin membuat penampilannya unik.

Meski indah dan menarik, kelopak bunga ini cenderung gampang rontok. Dengan warna putih, pink, kuning, hingga magenta, lima kelopaknya serupa mahkota yang menawan.

Bunga pukul empat  merupakan tanaman favorit yang dipilih untuk menghiasi pekarangan rumah. Dengan warna yang mencolok, bentuk yang menarik, serta perawatan yang mudah, tak heran tanaman ini dipilih dan terus dirawat.

Untuk mengetahui informasi menarik lain seperti bunga pukul empat, Anda bisa menjelajah ragam artikel lain di suara.com. Selamat menikmati akhir pekan, dan selamat bersantai!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar