alexametrics

Tanda Kucing Terkena Rabies yang Penting Diketahui, Ternyata Ada 3 Tahap

Rima Sekarani Imamun Nissa
Tanda Kucing Terkena Rabies yang Penting Diketahui, Ternyata Ada 3 Tahap
Ilustrasi Kucing Menggemaskan. (pexels.com/2558605)

Apa saja tanda kucing terkena rabies yang sangat penting untuk diketahui?

Suara.com - Rabies merupakan virus yang bisa menginfeksi hewan berdarah panas seperti kucing, walaupun sejumlah spesies secara alami resisten terhadap penyakit tersebut. Lalu, apa saja tanda kucing terkena rabies yang perlu diketahui?

Rabies dikenal sejak sekitar 2300 SM. Penyakit ini telah menyebar di berbagai benua, kecuali Australia dan Antartika. Negara-negara terbebas dari rabies ini mengandalkan undang-undang karantina yang ketat untuk mencegah penyebaran penyakit.

Virus rabies tak bertahan lama di luar tubuh mamalia. Karena dapat ditumpahkan dalam air liur hewan yang terinfeksi, virus biasanya ditularkan ketika air liur hewan yang terinfeksi dimasukkan ke kulit luka gigitan.

Masa inkubasi virus ini dari adalah 10 hari hingga satu tahun atau lebih. Inkubasi pada kucing umumnya kurang dari pada anjing dan biasanya sekitar 3-8 minggu. Kematian biasanya terjadi dalam sepuluh hari sejak timbulnya tanda-tanda pertama.

Baca Juga: 5 Jenis Kucing Tanpa Bulu, Cocok untuk Kamu yang Punya Alergi Bulu Kucing

Ilustrasi kucing (Elements Envato)
Ilustrasi kucing (Elements Envato)

Nah, untuk informasi lebih jelasnya, mari simak berikut ini tanda kucing terkena rabies yang penting untuk diketahui, terutama bagi pencinta kucing, dilansir dari vcahospitals.com.

Tahap Pertama

Pada tahap pertama atau prodromal, terjadi perubahan temperamen secara mencolok pada hewan yang terpapar rabies. Adapun tandanya yakni kucing pendiam menjadi gelisah dan bisa menjadi agresif, sementara ekstrovert yang aktif bisa menjadi gugup atau pemalu.

Tahap Kedua

Pada tahap ini, penularan mulai masuk fase rabies ganas. Fase ini merupakan jenis yang paling umum diamati dari kucing yang terpapar. Selama fase ini, kegembiraan mendominasi, dan kondisi kucing akan menjadi paling berbahaya, baik bagi hewan lain maupun pemiliknya.

Baca Juga: Beri Kucing Makan Meski Jok Motornya Jadi Korban Cakaran, Aksi Driver Ojol Ini Tuai Pujian

Kucing rabies menjadi semakin gugup, mudah tersinggung, dan ganas. Kejang otot mulai sering dialami kucing yang terpapar, kucing juga akan sulit menelan dan ada kadar air liur yang berlebihan.

Tahap Ketiga

Ketiga adalah tahap paralitik yang biasanya terjadi sekitar 7 hari setelah kucing terpapar rabies. Pada akhirnya, kucing yang terpapar rabies akan menjadi koma, hingga kemudian mati.

Diketahui, ciri khas rabies pada kucing adalah pupil mata yang melebar pada semua tahap penyakit.

Nah, itulah beberapa tanda kucing terkena rabies yang penting untuk diketahui, khususnya bagi pencinta kucing. Harapannya, kita bisa lebih menjaga kesehatan kucing kesayangan.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar