alexametrics

5 Jenis Kucing Tanpa Bulu, Cocok untuk Kamu yang Punya Alergi Bulu Kucing

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Jenis Kucing Tanpa Bulu, Cocok untuk Kamu yang Punya Alergi Bulu Kucing
Sphynx, kucing tanpa bulu. (Pixabay/Pexels)

Apa saja jenis kucing tanpa bulu yang juga bisa dijadikan hewan peliharaan?

Suara.com - Memiliki alergi bulu kucing bukan berarti tak bisa memelihara kucing. Sebab, ada jenis kucing tanpa bulu yang bisa kamu pelihara. Jenis kucing ini beberapa tahun terakhir sedang diminati banyak orang.

Kucing tanpa bulu memang bisa menjadi pilihan hewan peliharaan yang sempurna bagi orang yang memiliki alergi bulu. Namun, perlu diketahui bahwa air liur dan kulit mereka masih dapat mengeluarkan beberapa protein yang berpotensi menimbulkan alergi meski dalam kadar yang jauh lebih rendah.

Selain dianggap aman untuk orang yang memiliki alergi, kucing tanpa bulu juga lebih sedikit menyedot debu. Namun, penting untuk diketahui, kucing jenis ini membutuhkan mandi setidaknya seminggu sekali dan dilindungi dari paparan sinar matahari langsung.

Nah, bagi yang ingin memeliharanya, simak berikut ini jenis kuncing tanpa bulu yang menarik untuk diketahui, dilansir dari Woman’s Day.

Sphynx, kucing tanpa bulu. (Pixabay/Kleinbegin)
Sphynx, kucing tanpa bulu. (Pixabay/Kleinbegin)

Sphynx

Baca Juga: Beri Kucing Makan Meski Jok Motornya Jadi Korban Cakaran, Aksi Driver Ojol Ini Tuai Pujian

Sphynx merupakan salah satu jenis kucing tidak berbulu yang begitu populer. Kucing jenis ini memiliki kemampuan bersosialisasi yang ekstrem dan sangat vokal. Untuk menjaga kesehatan mereka, dianjurkan untuk rutin memeriksakan secara teratur, terutama soal kesehatan jantung mereka.

Bambino

Jenis kuncing tak berbulu berikutnya yaitu bambino. Ini adalah kucing ras campuran hasil dari persilangan antara Sphynx dan Munchkin. Kucing jenis ini begitu menggemaskan, memiliki karakter angat penyayang dan ukurannya cenderung kecil sehingga tak memakan banyak ruang.

Donskoy

Donskoy merupakan jenis kuncing tak berbulu dan berotot. Mereka punya karakter cerdas sehingga mudah dilatih. Kucing ini bisa menjadi pilihan untuk dipelihara, khususnya bagi yang memiliki alergi.

Baca Juga: 5 Penyebab Kucing Stres yang Jarang Disadari Oleh Pemilik

Peterbald

Peterbald merupakan jenis kucing ras campuran hasil persilangan Sphynx dan Oriental Shorthair. Kucing asli Rusia ini memiliki karakter setia dan penyayang. Tingkat bulunya beragam, dari tidak ada sama sekali hingga lapisan yang terasa seperti berbulu.

Dwelf

Dwelf adalah jenis kucing tak berbulu yang dikenal juga dengan nama elf kerdil. Dwelf merupakan hasil persilangan antara Elf dengan Munchkin. Kucing-kucing jenis ini memiliki karakter yang hampir mirip seperti anjing, yakni sangat menyenangkan dan penuh kasih sayang.

Nah, demikianlah informasi mengenai jenis kucing tanpa bulu yang menarik untuk diketahui. Ada yang ingin kamu pelihara?

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar