alexametrics

4 Manfaat Saffron, Kaya Antioksidan hingga Bantu Mencegah Depresi

Rima Sekarani Imamun Nissa
4 Manfaat Saffron, Kaya Antioksidan hingga Bantu Mencegah Depresi
Saffron, rempah termahal di dunia. (Pixabay/Xtendo)

Berikut beberapa manfaat saffron untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Suara.com - Saffron merupakan rempah-rempah yang punya aroma kuat dan warna khas. Rempah ini juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat saffron untuk kesehatan tubuh?

Saffron diketahui merupakan sejenis rempah-rempah yang berasal dari keluarga bunga Crocus sativusn atau sepupu dari bunga bakung. Saffron dikenal dengan harga yang mahal karena memang sulit memanennya serta tentu melihat kandungan yang ada di dalamnya.

Nah, bagi yang ingin tahu, simak berikut manfaat saffron untuk kesehatan yang dilansir dari Healthline, Senin (25/10/2021).

Kaya Akan Antioksidan

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mencegah Stroke

Saffron kaya akan antioksidan yang berguna dalam melawan radikal bebas dan stres. Adapun antioksidan saffron yang populer yaitu crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol. Kandungan tersebut berguna sebagai antidepresan, melindungi sel-sel otak, dan membantu menurunkan berat badan.

Saffron, rempah termahal di dunia. (Pixabay/ulleo)
Saffron, rempah termahal di dunia. (Pixabay/ulleo)

Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa saffron bermanfaat meningkatkan suasana hati, ketajaman memori, serta meningkatkan dan melindungi dari stres oksidatif.

Mencegah Depresi

Saffron juga bermanfaat dalam melindungi tubuh dari gejala depresi atau stres. Sejumlah penelitian menyebutkan, safron secara lebih efektif mengobati gejala depresi ringan-sedang dibanding plasebo. Itulah mengapa saffron dijuluki 'bumbu sinar matahari' karena dapat membantu memperbaiki suasana hati

Anti Kanker

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Bantu Redakan Stres dan Meringankan Diabetes

Saffron juga memiliki manfaat sebagai anti kanker karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Sebuah penelitian menyebutkan, senyawan yang terkandung dalam saffron terbukti efektif membunuh atau menekan pertumbuhan sel kanker usus besar, kulit, tulang sumsum, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, dan beberapa sel kanker lainnya.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Ngemil menjadi kebiasaan umum yang berpotensi mengalami kenaikan berat badan tak diinginkan. Menurut penelitian, safron dapat membantu mencegah ngemil atau menahan nafsu makan. Dengan begini, saffron berguna bagi yang sedang menjalankan program diet hingga mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Nah, demikianlah informasi mengenai manfaat saffron yang baik untuk kesehatan. Selain manfaat di atas, saffron juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti mengurangi gejala PMS, menurunkan kadar gula, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga meningkatkan kemampuan penglihatan.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar