alexametrics

4 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mencegah Stroke

Rima Sekarani Imamun Nissa
4 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mencegah Stroke
Ilustrasi minyak zaitun [shutterstock]

Selain bagus untuk perawatan kecantikan, apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh?

Suara.com - Minyak zaitun merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi mereka yang sedang menjalani program diet. Selain bermanfaat untuk melancarkan diet, minyak zaitun juga memiliki manfaat lainnya. Apa saja manfaat minyak zaitun yang menarik untuk diketahui?

Diketahui, minyak zaitun merupakan hasil dari proses ekstraksi buah zaitun. Penggunaan minyak zaitun sudah dilakukan sejak 6.000 tahun silam di Iran, Palestina, dan Suriah.

Meski demikian, buah zaitun dikenal berasal dari Mediterania. Pertumbuhan tanaman ini memang sangat pesat di sana hingga dikenal oleh banyak negara, termasuk Indonesia.

Minyak zaitun sering digunakan dalam berbagai upacara keagamaan. Selain itu, minyak zaitun kerap dipakai untuk obat-obatan dan perawatan kecantikan.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Bantu Redakan Stres dan Meringankan Diabetes

Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)

Minyak zaitun memang dikenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya, simak berikut ini manfaat minyak zaitun yang perlu diketahui, dilansir dari Healthline, Senin (25/10/2021).

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

1. Kaya akan lemak jenuh tunggal

Minyak zaitun mengandung sekitar 73% lemak tak jenuh tunggal atau asam oleat. Sebuah penelitian menunjukkan, asam oleat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan mencegah kanker. Selain itu, asam oleat juga tahan panas sehingga aman untuk bahan masakan.

2. Kaya akan antioksidan

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan, Sahabat Diet Sehat sampai Bantu Cegah Kanker

Selain mengandung asam oleat, minyak zaitun juga kaya akan vitamin E dan vitamin K. Antioksidan sendiri berguna dalam meminimalisir risiko penyakit kronis. Selain itu, antioksidan membantu melawan peradangan, menurunkan risiko jantung, dan mencegah kolesterol.

3. Anti Peradangan

Minyak zaitun juga memiliki manfaat sebagai anti peradangan kronis yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, jantung, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, radang sendi, alzheimer, dan obesitas.

4. Mencegah Stroke

Penyakit stroke terjadi karena adanya gangguan aliran darah ke otak yang disebabkan pendarahan atau darah membeku. Di negara maju, stroke menjadi penyebab kematian paling utama kedua setelah penyakit jantung. Itu semua bisa diminimalisir dengan rutin menggunakan minyak zaitun.

Sebuah penelitian menyebutkan, minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang berguna dalam menurunkan risiko penyakit stroke dan jantung.

Demikianlah informasi mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang penting diketahui. Mari jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar