alexametrics

5 Manfaat Eceng Gondok yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bisa Jadi Pupuk Organik

Arendya Nariswari
5 Manfaat Eceng Gondok yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bisa Jadi Pupuk Organik
Ilustrasi enceng gondok. (Pixabay/Mayapujiati)

Dikenal sebagai gulma air, ternyata ini 5 manfaat eceng gondok yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Suara.com - Secara umum, eceng gondok dikenal sebagai spesies invasif yang dominan mengancam keberlanjutan ekosistem. Memiliki daun yang lebar, tebal, mengkilap, dan bisa mengapung hingga 1 meter di atas permukaan air. 

Gulma air ini tumbuh di perairan dengan menyebar dalam bentuk tikar padat. Karena sistem akarnya yang komplek, eceng gondok dapat mengganggu navigasi perahu, memancung, dan menyumbat kanal air. Selain itu, ekosistem air bisa terganggu karena tanaman mengapung ini bisa mengurangi penetrasi cahaya serta oksigen dan nutrisi lainnya ikut larut.

Manfaat Eceng Gondok

Terlepas dari hal itu, terdapat sumber daya berharga dari manfaat eceng gondok untuk menghasilkan keuntungan. Dilansir dari laman Land Development Department Thailand, Selasa (26/10/2021), berikut manfaat eceng gondok yang belum kamu tahu.

Baca Juga: Takjub dengan Manfaatnya, Selebgram Ida Agustin Produksi Skincare Berbahan Pegagan

1. Menjaga Kondisi Lingkungan

Eceng gondok dapat menyerap logam seperti tembaga dan timbal dari limbah industri maupun limbah domestik. Tanaman mengapung ini juga dapat menyerap merkuri dan timbal yang meleleh dalam cairan. 

2. Dijadikan Pupuk Organik

Eceng gondok dapat menyerap mineral dan zat anorganik dari air limbah serta tetap tumbuh cepat di setiap kondisi. Sehingga setelah digunakan untuk membersihkan kotoran di air, eceng gondok dimanfaatkan sebagai pupuk organik seperti kompos atau mulsa. Manfaat eceng gondok ini bisa menambah unsur hara bagi tanaman dan mengatasi masalah kesuburan tanah yang rendah.

Kandungan kompos yang tinggi pada eceng gondok juga bisa memperbaiki sifat fisik tanah, memperbaiki struktur tanah, memberi ventilasi pada tanah, dan memudahkan air meresap melalui tanah.

Baca Juga: Skincare ini Mengadung Daun Pegagan yang Terkenal di Korea, Apa Sih Manfaatnya?

3. Menutrisi Tanaman dalam Waktu Lama

Sifat kimia eceng gondok dalam kompos bermanfaat untuk menambah unsur hara pada tanah. Secara bertahap, eceng gondok mengeluarkan nutrisi yang berguna bagi tanaman dalam jangka waktu yang lama. Eceng gondok juga tahan asam dan basa di tanah serta menambahkan sumber makanan untuk mikroba.

4. Pencernaan Lebih Sehat

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, tumis kacang eceng gondok bermanfaat untuk kesehatan pencernaan menjadi lancar. Ramuan tradisional ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah diare, mual, perut buncit, cacingan, dan perut kembung.

5. Membuat Kulit Sehat

Banyak produk kecantikan mengandung eceng gondok. Penggunaan ekstrak Hyacinth ini diambil manfaat antibakteri, antijamur, dan antimikroba yang menjadikannya pilihan sempurna untuk mengobati banyak gangguan kulit. Pastikan sebelum menggunakannya, konsultasikan kepada dokter masing-masing.

Itulah beberapa manfaat eceng gondok yang mungkin belum banyak kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar