alexametrics

7 Manfaat Rebusan Daun Sirih yang Menakjubkan, Baik untuk Penderita Diabetes dan Kanker

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Manfaat Rebusan Daun Sirih yang Menakjubkan, Baik untuk Penderita Diabetes dan Kanker
Piper Betle atau Daun Sirih. (Shutterstock)

Berikut beberapa manfaat rebusan daun sirih yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh.

Suara.com - Daun sirih adalah daun yang cukup umum digunakan di India. Meskipun tujuan utamanya sebagai penyegar mulut, banyak orang juga mendapat manfaat rebusan daun sirih untuk kesehatan, mulai dari mengatur kadar glukosa, menurunkan kolesterol, dan melindungi jantung.

Selengkapnya simak manfaat air rebusan daun sirih dilansir dari Lybrate, Rabu (27/10/2021).

Kandungan Nutrisi Daun Sirih

Daun sirih adalah daun herbal yang sangat umum untuk pengobatan alami. Bentuknya seperti hati dan berwarna hijau tua. Daun sirih berasal dari keluarga tanaman Piperaceae dan digunakan sebagai penyegar mulut yang populer di India. Daun sirih disebut juga paan.

Baca Juga: 5 Khasiat Lidah Buaya yang Bagus untuk Pengobatan Herbal

Daun sirih sarat dengan nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan karena mengandung nutrisi penting. Daun sirih per 100 gramnya, ada 1,3 mikrogram yodium, 1,1-4,6 mikrogram kalium, 1,9-2,9 mikrogram vitamin A, 13-0 mikrogram vitamin B-1, 1,9-30 mikrogram vitamin B-2, dan 0,63-0,89 mikrogram asam nikotinat.

Daun sirih. (shutterstock)

Manfaat Rebusan Daun Sirih

Kamu bisa megonsumsi daun sirih secara langsung atau dalam rebusan untuk berbagai masalah kesehatan.

1. Bagus untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit umum yang dapat disembuhkan dengan obat herbal seperti daun sirih. Manfaat rebusan daun sirih dapat membantu mengurangi kadar glukosa secara keseluruhan dalam darah dan bagus untuk penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: 5 Manfaat Eceng Gondok yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bisa Jadi Pupuk Organik

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi dalam darah bisa meningkatkan risiko stroke. Kandungan eugenol di dalam daun sirih bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Produksi kolesterol di dalam hati juga bisa dihambat serta jumlah lipid yang diserap usus bisa berkurang.

3. Baik untuk Penderita Kanker

Daun sirih memiliki senyawa anti kanker dan jumlah fitokimia yang tinggi. Dua senyawa ini baik untuk membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Daun herbal ini juga membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas yang penting untuk pencegahan kanker.

4. Melawan Infeksi akibat Bakteri

Minyak atsiri yang secara alami ada dalam daun sirih bersifat anti bakteri yang dapat melawan infeksi karena bakteri. Daun sirih juga dipenuhi dengan fenolik dan fitokimia yang efektif melawan bakteri.

5. Mencegah Asma

Manfaat rebusan daun sirih adalah mengatasi asma yang merupakan masalah pernapasan dan juga peradangan. Berkat sifat anti inflamasi dan anti histamin, daun sirih bisa membantu mencegah dan mengatasi asma.

6. Meringankan Depresi

Daun sirih membantu dalam meringankan depresi yang dialami seseorang. Meski telah ada obat antidepresan, terbukti bahwa obat herbal ini juga bisa berdampak signifikan dalam mengobati penyakit. Daun sirih bisa merangsang aktivitas di sistem saraf pusat dan membantu menghasilkan perasaan ringan, sejahtera hingga bahagia.

7. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Daun sirih banyak digunakan untuk meningkatkan kesehatan mulut terutama di India. Daun ini membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut sehingga bisa mencegah berbagai infeksi dan penyakit mulut. Selain itu juga melindungi rongga mulut dari karies gigi dengan mengurangi jumlah asam yang dihasilkan air liur bakteri.

Itulah beberapa manfaat rebusan daun sirih yang menakjubkan untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar