alexametrics

Baca, Ini 3 Cara Hadapi Ketakutan Berkomitmen dengan Pasangan

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Baca, Ini 3 Cara Hadapi Ketakutan Berkomitmen dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan (pexels/Rosie Ann).

Agar tidak berkepanjangan, berikut tiga cara untuk mengatasi dari rasa takut berkomitmen

Suara.com - Seseorang yang percaya akan cinta umumnya mampu membangun hubungan asmara dengan orang lain. Tentunya dengan harapan bahwa hubungan yang dibina akan berjalan langgeng dan juga sehat.

Akan tetapi, hal berbeda terjadi dengan orang yang sering disakiti. Umumnya mereka takut untuk menjalin hubungan cinta karena adanya trauma. Mereka juga cenderung takut memiliki komitmen.

Hal ini diungkap oleh Psikolog Klinis Dr. Bhavna Barmi, seperti yang dikutip dari Healthshots. Ia mengatakan, orang yang takut komitmen berisiko merusak diri sendiri, salah satunya sulit untuk membangun hubungan jangka panjang.

Agar tidak berkepanjangan, berikut tiga cara untuk mengatasi dari rasa takut komitmen. Apa saja? Berikut paparannya!

Baca Juga: Anti Ribet! Kamu Cuma Butuh 4 Hal Sederhana Ini untuk Bahagia

1. Tanyakan pada diri sendiri
Hal yang paling penting ketika menghadapi ketakutan adalah dengan mempertanyakan diri Anda sendiri. Mengapa Anda takut dengan komitmen? Apakah hubungan sebelumnya telah memengaruhi Anda sekarang, sehingga tidak ingin membangun hubungan karena trauma disakitin?

Anda perlu mencari penyebab dari rasa takut ini. Hal ini juga diungkap oleh Pakar Hubungan dan juga penulis Single in the City: From Hookups & Heartbreaks to Love & Lifemates: Tales & Tips to Attract Your Perfect Match, Laura Bilotta.

Ia berpendapat, orang yang takut dengan komitmen terjadi karena akibat trauma di masa kanak-kanak. Tak hanya itu, ketakutan ini juga lahir dari hubungan yang sudah dijalani sebelumnya, yang mungkin cukup menyakitkan.

2. Komunikasikan masalah ini dengan pasangan
Ketika Anda takut menjalani komitmen seperti hubungan asmara, itu tidak hanya menyakiti diri Anda sendiri. Akan tetapi juga berdampak bagi pasangan, sehingga pasangan merasa tidak dihargai oleh Anda.

Agar tidak berkepanjangan, Anda perlu komunikasikan masalah ini dengan pasangan. Pastikan bahwa Anda mampu mengungkapkan perasaan yang sebenarnya.

Baca Juga: Pasutri Wajib Tahu! Ini 4 Cara Jitu Meningkatkan Performa Seksual

Tak hanya itu, cara ini dapat membantu untuk membangun hubungan yang penuh harapan, serta membangun komunikasi yang lebih sehat bersama pasangan.

Komentar