facebook

5 Jenis Latihan Angkat Beban yang Dapat Membantu Hidup Sehat Hingga Panjang Umur

Risna Halidi
5 Jenis Latihan Angkat Beban yang Dapat Membantu Hidup Sehat Hingga Panjang Umur
Lelaki melakukan angkat beban. [Shutterstock]

Jika memiliki tujuan panjang umur dan terbebas dari penyakit, maka salah satu pilihan olahraga yang tepat adalah angkat beban.

Suara.com - Pada masa pandemi Covid-19 ini, selain menjaga kebersihan, masyarakat juga mulai sadar akan pentingnya berolahraga untuk menjaga sistem imun.

Meskipun segala bentuk olahraga baik untuk tubuh, namun jika tujuannya adalah panjang umur dan terbebas dari penyakit, maka salah satu pilihan yang tepat adalah angkat beban.

Latihan angkat beban bukan hanya bertujuan untuk membakar lemak atau membentuk otot namun juga dapat membantu agar tetap bugar meningkatkan level aktifitas fisik seseorang.

Aktifitas mengangkat beban akan membantu meningkatkan metaboslisme, kekuatan tulang, memperlambat penurunan fungsi otot serta segala permasalahan yang diakibatkan oleh usia.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Menu Sarapan Sehat, Bisa Dimakan sebelum Olahraga Pagi

Ilustrasi angkat beban. (Shutterstock)
Ilustrasi angkat beban. (Shutterstock)

Menurut Times of India, terdapat lima jenis latihan angkat beban yang dapat dilakukan untuk membangun kekuatan, meningkatkan keseimbangan dan umur panjang yaitu :

1. Dumbbell goblet squad
Pertama, berdiri lurus dengan kaki dilebarkan dari lebar pinggang. Kedua, pegang salah satu ujung dumbbel secara vertikal dengan kedua tangan didekatkan pada dada, kemudian tekuk lutut Anda dan mendorong bokong Anda kebelakang hingga berjongkok dengan paha yang sejajar dengan lantai.

Lalu tahan agar tulang belakang dan leher tetap lurus lalu tahan pose tersebut selama beberapa menit sebelum kembali ke posisi semula.

2. Dumbbell lunges
Pertama, berdiri di lantai dengan kaki yang sejajar dengan pinggang dan dumbbell di kedua tangan masing-masing. Kedua, gerakkan kaki kiri ke depan lalu turunkan tubuh hingga kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang membentuk sudut 90 derajat.

Perlu diperhatikan bahwa kaki depan Anda tidak boleh menyilangkan jari-jari kaki Anda. Ketiga, diam sejenak, bangkit, kemudian kembali pada posisi awal, ulangi dengan sama menggunakan kaki kiri

Baca Juga: Permainan Bola Kasti, Lengkap Tata Cara dan Aturan Main

3. Dumbbell row
Pertama, berdiri lurus dan pegang dumbbell pada masing-masing tangan. Kedua, bawalah tangan Anda ke depan dari badan anda dengan telapak tangan yang menghadap ke tubuh Anda.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar