facebook

Bikinnya Gampang! 7 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah Sehat dan Cantik Alami

Rima Sekarani Imamun Nissa
Bikinnya Gampang! 7 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah Sehat dan Cantik Alami
Ilustrasi scrub wajah. (Shutterstock)

Tak hanya nikmat sebagai minuman, kopi juga baik untuk kecantikan. Apa saja manfaat masker kopi untuk perawatan kulit?

Suara.com - Kopi dikenal sebagai minuman untuk membangkitkan energi dan metabolisme setiap hari. Kopi juga bermanfaat sebagai perawatan alami untuk kulit. Itulah mengapa banyak orang penasaran dengan manfaat masker kopi untuk kecantikan.

Antioksidan dalam kopi termasuk fenol yang membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit. Kamu bisa mendapat manfaat masker kopi yang bagus untuk kulit wajah. Dilansir dari Healthline, Jumat (05/11/2021), berikut adalah manfaat masker kopi yang perlu diketahui.

Manfaat Masker Kopi

Pengurangan Selulit

Baca Juga: Kulitnya Jangan Dibuang! 6 Manfaat Pisang yang Tak Terduga untuk Perawatan Kecantikan

Ilustrasi kopi (Pixabay/Christoph)
Ilustrasi kopi (Pixabay/Christoph)

Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Kandungan kafein dalam kopi menjadi key ingredient untuk mengurangi selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan hingga akhirnya membantu mengurangi munculnya selulit.

Efek menenangkan

Kopi terkenal dengan efek stimulasinya di dalam tubuh dan juga memberi efek sebaliknya, yaitu ketenangan berkat kandungan antioksidan.

Manfaat Anti Penuaan

Mengaplikasikan kopi langsung ke kulit Anda dapat membantu mengurangi munculnya bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus. Faktanya, sebuah studi menemukan korelasi langsung antara kopi dan penurunan efek photoaging.

Baca Juga: Keren! Pria Ini Berhasil Bikin Pembungkus Kopi yang Bisa Larut di Air

Vitamin B3 untuk Mencegah Kanker Kulit

Kopi adalah sumber yang kaya vitamin B3 (niasin) berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Trigonelin terurai menjadi niasin setelah biji kopi dipanggang. Niasin ini bermanfaat mencegah kanker kulit non melanoma.

Mengurangi Peradangan

Manfaat masker kopi lainnya adalah mengurangi peradangan. Efek anti-inflamasi dapat dikaitkan dengan asam klorogenat serta melanoidin dalam kopi. Asam klorogenat juga terkait dengan pengurangan hiperpigmentasi yang mungkin berhubungan dengan peradangan.

Perawatan Jerawat

Penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya. Asam klorogenat dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Dikombinasikan dengan pengelupasan alami bubuk kopi yang dapat mengatasi jerawat.

Mengurangi Lingkaran Hitam di Area Mata

Menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals, kopi juga bisa membantu mengobati lingkaran hitam yang membandel di bawah mata. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi yang membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi terhadap lingkaran hitam alias mata panda.

Cara Membuat Masker Kopi

  • Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan perbandingan sama
  • Oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar
  • Biarkan masker selama 15 hingga 60 menit
  • Bilas dengan air hangat, ulangi hingga tiga kali per minggu

Itulah manfaat masker kopi yang berasal dari bahan multiguna untuk perawatan kulit. Ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter kulit masing-masing untuk perawatan dan hasil terbaik.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar