facebook

4 Makanan Penyebab Jerawat, Yuk Kurangi Biar Wajah Sehat dan Glowing

Arendya Nariswari
4 Makanan Penyebab Jerawat, Yuk Kurangi Biar Wajah Sehat dan Glowing

Enak tapi baiknya dikurangi hingga dihindari, ini daftar 4 makanan penyebab jerawat yang wajib Anda ketahui.

Suara.com - Penelitian terbaru menemukan bahwa beberapa makanan dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit. Terlepas banyak perawatan dan produk skincare untuk jerawat, kamu perlu mengetahui beberapa makanan penyebab jerawat yang sebaiknya dihindari. Dilansir dari laman The Dermatology Specialist, Minggu (14/11/2021), berikut daftar makanan penyebab jerawat.

Daftar Makanan Penyebab Jerawat

1. Susu

Ilustrasi Susu (Pixabay)
Ilustrasi Susu (Pixabay)


Produk susu dianggap berkontribusi pada keparahan gejala jerawat karena hormon bovine yang tetap tersedia secara hayati. Faktanya, protein susu, seperti whey dan kasein, telah dikaitkan penyebab jerawat lebih lanjut. Mengurangi konsumsi susu setiap hari adalah awal yang baik untuk menghindari masalah jerawat. 

Baca Juga: Hits Health: Makanan yang Bisa Bikin LIbido Greng, Tanda Anda Tidak Siap Menghadapi Senin

2. Gula

Ilustrasi Gula (Pixabay/Myriams Fotos).
Ilustrasi Gula (Pixabay/Myriams Fotos).

Memang benar bahwa gula merupakan makanan tinggi indeks glikemik sebagai penyumbang utama jerawat. Pada dasarnya, makanan dengan kandungan gula tinggi menyebabkan kadar insulin tubuh melonjak. Insulin yang tinggi ini meningkatkan produksi minyak di kulit yang membuat folikel dan pori-pori tersumbat oleh sebum. Kemudian muncul peradangan yang membuat bakteri P. Acnes berkembang dan memicu jerawat. Maka, solusi terbaik adalah mengurangi jumlah makanan tinggi gula mulai sekarang.

3. Makanan Cepat Saji

Ilustrasi Makanan Cepat Saji. (freepik)
Ilustrasi Makanan Cepat Saji. (freepik)

Makanan cepat saji atau fast food merupakan makanan penyebab jerawat selanjutnya. Lemak jenuh yang tinggi dan bahan lainnya di dalam fast food bisa mengganggu keseimbangan hormonal dan kadar gula darah. Untuk lebih baiknya, kurangi konsumsi fast food dan bisa coba memasak fast food versi rumahan yang jauh lebih sehat.

4. Coklat

Baca Juga: 5 Penyebab Bulu Kucing Rontok yang Pantang Disepelekan Pemilik Anabul

Ilustrasi coklat hitam (Shutterstock).
Ilustrasi coklat hitam (Shutterstock).


Coklat selama ini dianggap sebagai makanan penyebab jerawat. Namun kabar baiknya, kakao - bahan dasar coklat - dalam bentuk mentah terbukti tidak menyebabkan jerawat. Kakao mentah mengandung vitamin A, C, E, dan zinc yang bermanfaat untuk kulit. Nah, produk cokelat yang dihubungkan dengan kasus jerawat sebenarnya dicampur dengan susu dan gula. Jadi, sebaiknya pilih dark chocolate dibanding coklat putih yang sebagian besar mengandung bahan penyebab jerawat.

Perlu dipahami bahwa makanan sebenarnya bukanlah musuh, kecuali jika kita makan makanan yang tepat. Hindari berbagai makanan penyebab jerawat makin parah dan lebih banyak makan makanan yang melawan jerawat. Mulai dari biji-bijian, buah-buahan kaya antioksidan, minyak ikan, sayuran  hijau, buah, dan minum banyak air efektif menjaga kulit tetap sehat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar