facebook

Cara Membersihkan Layar Laptop, Aman dan Hasilnya Bebas Kuman

Rima Sekarani Imamun Nissa
Cara Membersihkan Layar Laptop, Aman dan Hasilnya Bebas Kuman
Ilustrasi mengetik, bekerja menggunakan laptop. [Shutterstock]

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan soal cara membersihkan layar laptop.

Suara.com - Laptop yang telah menjadi barang eletronik andalan sehari-hari tentu perlu dijaga kebersihannya. Lalu, bagaimana cara membersihkan layar laptop yang aman?

Saat ini, laptop hampir menjadi kebutuhan primer setiap orang, terlebih saat pandemi seperti sekarang di mana aktivitas lebih banyak dilakukan secara daring.

Pada kesempatan ini, akan diulas tentang langkah mudah dan aman membersihkan layar laptop. Mari simak!

Manfaat Membersihkan Laptop

Baca Juga: Spesifikasi Huawei MateBook 14 dan 14s yang Meluncur di Indonesia 8 Desember

Sebelum membahas tentang cara membersihkan laptop dengan ampuh dan mudah, terlebih dahulu perlu diketahui pentingnya menjaga kebersihan dari laptop itu sendiri. Berikut adalah beberapa manfaat membersihkan laptop yang perlu Anda ketahui:

Ilustrasi seorang lelaki sedang bekerja menggunakan laptop dan ponsel (Shutterstock).
Ilustrasi seorang lelaki sedang bekerja menggunakan laptop dan ponsel (Shutterstock).

1. Menjaga Kesehatan Laptop

Manfaat yang pertama adalah membuat laptop berumur panjang. Pasalnya, penumpukan kotoran dan debu pada bagian laptop akan memberikan dampak buruk dalam waktu jangka panjang.

Terutama pada bagian layar laptop, debu yang mengendap dapat mengganggu pengelihatan Anda. Bahkan lebih parahnya, debu yang mengendap terlalu lama dapat merusak layar laptop.

2. Membersihkan dari Jamur

Baca Juga: Laptop Dipakai Main Gim Langsung Pecah Digigit Kucing, Warganet: Tes Kriuk

Manfaat kedua adalah membersihkan laptop dari jamur yang disebabkan oleh kotoran dan debu. Perlu Anda ketahui, penyebab utama munculnya jamur pada bagian layar akan sulit untuk dibersihkan karena sudah meninggalkan bercak.

3. Menjaga Kesehatan Lingkungan Sekitar

Manfaat yang terakhir adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Seperti yang diketahui, kebersihan lingkungan akan berpengaruh terhadap produktivitas, terutama bagi Anda yang bekerja menggunakan laptop setiap hari.

Cara Membersihkan Laptop

Disadur dari laman Thespruce, berikut langkah-langkah membersihkan laptop dengan mudah dan aman yang dapat Anda terapkan:

Bahan dan alat yang dibutuhkan:

  • Kain microfiber
  • Spons nonbrasif
  • Air suling
  • Cuka putih suling
  • Isopropil (menggosok) alkohol
  • Tisu desinfektan

Setelah barang-barang di atas disiapkan, kini Anda dapat memulai untuk membersihkan laptop.

1. Cabut Laptop Anda

Sebelum melakukan pembersihan apa pun, pastikan untuk selalu mematikan perangkat Anda dan cabut dari sumber dayanya. Ini harus dilakukan demi menjaga keamanan. Selain itu, layar gelap akan memudahkan Anda untuk melihat debu dan kotoran.

Ilustrasi wanita di depan laptop (pexels.com) / Artem Podrez
Ilustrasi wanita di depan laptop (pexels.com) / Artem Podrez

2. Bersihkan Debu

Gunakan kain microfiber yang bersih dan kering untuk menghapus debu dan noda sebanyak mungkin. Serat dalam kain microfiber memiliki luas permukaan lebih dari kain katun untuk menjebak debu dan kotoran. Microfiber juga bebas serat, jadi tidak akan meninggalkan puing-puing di belakang.

Caranya, lipat kain microfiber menjadi persegi. Mulai dari salah satu sudut layar dan bekerja di bawah layar. Jika layar sangat berdebu, gunakan bagian kain microfiber yang masih bersih saat bergerak melintasi layar. Jangan gunakan tekanan berlebihan atau scrub dalam lingkaran yang bisa meninggalkan goresan.

3. Menghapus Bercak dan Noda

Anda mungkin memerlukan sedikit kelembapan dan larutan pembersih untuk melonggarkan kotoran kering. Seperti biasa, matikan laptop Anda dan lepaskan dari sumber dayanya sebelum menggunakan proses pembersihan basah.

Celupkan spons baru atau bersih atau kain microfiber dalam air suling dan peras sampai hampir kering. Mestinya tak ada air yang menetes, dan jika demikian, pastikan untuk melindungi keyboard dengan bungkus plastik sebagai antisipasi.

4. Semprot Disinfektan

Semprot bagian layar laptop anda menggunakan disinfektan. Jika layar dilindungi oleh kaca, cabut perangkat dan peras tisu desinfektan sampai hampir kering dan ringan untuk mengusap layar. Biarkan layar kering sebelum dinyalakan.

Demikian adalah ulasan tentang cara membersihkan layar laptop yang aman dan mudah. Semoga dapat dijadikan sebagai referensi bagi Anda yang ingin membersihkan laptop.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar