alexametrics

Mengapa Orang Sulit Bangkit dari Luka Masa Lalu? Cek Faktor Penyebabnya Ini

M. Reza Sulaiman | Aflaha Rizal Bahtiar
Mengapa Orang Sulit Bangkit dari Luka Masa Lalu? Cek Faktor Penyebabnya Ini
Ilustrasi sakit hati. (Sumber: Shutterstock)

Luka masa lalu bisa menyebabkan trauma berkepanjangan. Penyebabnya beragam, mulai dari kekerasan verbal, pengkhianatan dari orang yang dicintai, dan juga penghinaan.

Suara.com - Luka masa lalu bisa menyebabkan trauma berkepanjangan. Penyebabnya beragam, mulai dari kekerasan verbal, pengkhianatan dari orang yang dicintai, dan juga penghinaan.

Hal ini menjadi contoh kecil, di mana ketika di masa lalu memiliki pengalaman buruk, akan sulit bangkit untuk masa depan.

Meski tidak semua orang berlarut-larut di kondisi yang terpuruk, ternyata ada beberapa faktor yang bikin orang sulit bangkit.

Ini telah dijelaskan oleh Claudia Sabrina, lewat buku berjudul Seni Menyembuhkan Sakit Hati (2021), antara lain:

Baca Juga: 5 Sikap yang Bisa Membuat Cowok Menjauh Darimu, Cepat Sadar!

Ilustrasi pria patah hati. (freepik.com/freepik)
Ilustrasi pria patah hati. (freepik.com/freepik)
  • Pengalaman dan pengkhianatan di masa lalu.
  • Cinta yang tidak berbalas.
  • Perpisahan akibat kekurangan pribadi yang sudah diperbaiki.
  • Identitas diri yang kurang kuat.
  • Harapan yang terlalu tinggi.

Dari beberapa faktor di atas, Sabrina mengatakan jika sulit bangkit yang berasal dari putus cinta, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Pertama, seseorang perlu mengembangkan keterampilan serta kemampuannya untuk mengatasi patah hati. Selain itu, juga perlu belajar untuk menghadapi kesulitan. Dengan usaha ini, tentu akan membawa hasil yang baik. Mulai dari pola pikir yang berubah, juga perubahan positif pasca-trauma.

Kedua, perlu mengatasi putus cinta dengan mencintai diri sendiri. Dengan self love, ini membuat seseorang mampu melihat masalah sebagai bagian dari pengalaman universal, serta mengambil makna dari situasi pahit yang dialaminya.

Claudia mengatakan, untuk bangkit dari situasi yang sulit adalah, dengan menerima keadaan. Meski sangat sulit, hal ini menjadi cara yang tepat agar tidak terjebak di masa lalu terlalu lama.

Dengan menerima keadaan, Anda akan mendapatkan kendali serta mengontrol perasaan Anda. Semakin cepat mengendalikan diri, maka semakin cepat Anda sembuh dari patah hati. Selain itu, ketika sedang proses menerima keadaan, Anda bisa beri balas dendam terbaik dengan terus memperbaiki diri.

Baca Juga: 4 Alasan Tak Perlu Mempertahankan Hubungan Asmara Tanpa Cinta, Sia-sia!

Komentar